SStrategi Pemasaran Stik Ale-Ale (Meretrix Spp) Produksi Kub Wida Mantolo Sebagai Produk Unggulan Kabupaten Ketapang
Kata Kunci:
Stik Ale-Ale, SWOT, QSPM.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman dan menentukan strategi yang baik dalam pemasaran Stik ale-ale produksi KUB Wida Mantolo. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT dan QSPM. Faktor yang menjadi kekuatan utama yaitu Produk makanan/oleh-oleh yang berbeda dari UKM lain. dengan jumlah nilai 0,137, sedangkan faktor kelemahan terbesarnya terletak pada tidak menyediakan produk makanan/oleh-oleh dengan rasa yang bevariasi dengan nilai 0,135. Faktor yang menjadi peluang terbesar adalah KUB Wida Mantolo menggunakan jasa order online melalui chat whatssapp dengan nilai 0,241 sedangkan faktor ancaman terbesarnya adalah memilih produk makanan oleh-oleh di KUB Wida Mantolo berdasarkan ketelitian dengan nilai 0,220. Berdasarkan hasil analisa pada faktor internal dan eksternal maka strategi yang direkomendasikan untuk pemasaran stik ale-ale KUB Wida Mantolo ada empat yaitu (1) Memanfaatkan aplikasi E-Commerce untuk membuka pangsa pasar online yang lebih luas. (2) Meningkatkan variasi rasa produk. (3) Melakukan kemitraan pada jasa pelayanan transportasi online (4) Mempertahankan kualitas pelayanan dan produk Hasil prioritas utama dari analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) tersebut yaitu Memanfaatkan aplikasi E-Commerce dengan nilai TAS 5.800.
Referensi
Ahmadjayadi, C. 2001. Profil Produk Unggulan Daerah. Kabupaten Purbalingga.
Alkadri, Muchdje, Suhandojo, 2001, Tiga Pilar Pengembangan Wilayah. Pusat Pengkajian Kebijakan Tekhnologi Pengembangan Wilayah. Jakarta.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrina, & Martina. 2017. Strategi Pemasaran Usaha Kerupuk Tempe Di Desa Blang Geluanggang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bieruen. Jurnal Pertanian Universitas Al Muslim. Bieruen.
Badan Pusat Statistik Ketapang. 2018. Kabupaten Ketapang 2024 Dalam Angka. BPS Ketapang. Ketapang.
David, F. R. 2010. Manajemen Strategi. Buku 1, Edisi 10, Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
David, F. R. 2011. Strategic Management, Buku 1. Edisi 12. Jakarta.
Hadari Nawawi, H. Murni Martini, Penelitian Terapan. Gajah Mada University Press,cet . 2, 1966. Yogyakarta.
Harisudin, M. 2013. Pemetaan Dan Strategi Pengembangan Agroindustri Tempe di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Jurnal Teknologi Industri Pertanian.
Kotler, Philip & Amstrong, G. 2012. Pinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta.
Kotler & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13 Jakarta.
Nugraha,G.N., Rochidiani, D., & Sudrajat. 2019. Strategi Pemasaran Seblak Kicimpring Berbasis Offline Dan Online (Studi Kasus Pada Ukm Raja Rasa Di Kelurahan Linggajaya Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya) Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH
Permadi, A. 2015. “Strategi Pengembangan Industri Kecil Carica”. JEJAK Journal of Economics and Policy.
Purwanto, I., 2008. Manajemen Strategi. Penerbit CV. Ryama Widya, Bandung.
Rangkuti, F. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Rangkuti, F. 2008. The Power Of Brands. Penerbit Gramedia. Jakarta.
Riduwan. 2013. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Alfabeta. Bandung
Sedarmayanti. 2014. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Mandar Maju. Jakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.Bandung.
Thompson, J & Martin, F. 2011. Strategic Management; Awareness and Change. 6th edition. South Western a division of Cengage Learning, inc.
Turban, Efraim. et. al. 2015. Electronic commerce a Managerial and Social Networks Perspective. 8th edition. Springer.
Wheelen, T.L. & Hunger, J.D. 2012. Strategic Management and Business Policy; Achieving Sustainability (13th ed). Prentice Hall Propinsi Jawa Timur)”Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.
Wibowo, M. E., Arief, D., & Amzul, R. 2018. Strategi Pemasaran Produk Sosis Siap Makan (Studi Kasus: PT Primafood Internasional). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah