Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning pada Mata Pelajaran Fisika terhadap Berpikir Kritis Siswa

Penulis

  • Lidia Uci A.Nababan Universitas Negeri Medan
  • M Azhari Zulmi Universitas Negeri Medan
  • Mia Jesica Sihombing Universitas Negeri Medan
  • Saima Putrini R Harahap Politeknik Negeri Ketapang
https://doi.org/10.58466/intern.v2i1.1157

Kata Kunci:

discovery learning; kreatif; aktif; inovatif

Abstrak

Pendidikan di Indonesia kini dituntut untuk lebih baik lagi terkait hasil belajar siswa. Maka dari itu artikel ini dibuat dengan tujuan memberikan referensi terkait model pembelajaran yang dalam penerapannya telah terbukti meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. Pada kesempatan ini peneliti hanya memilih satu model pembelajaran yaitu Discovery Learning. Peneliti melakukan riset dengan metode meta analisis yang merupakan salah satu upaya merangkum berbagai hasil penelitian dengan studi dokumen 6 data terkait penggunaan model pembelajaran Discovery Learning yang dipublikasikan di jurnal nasional. Model pembelajaran Discovery Learning mengacu pada siswa yang aktif dan kreatif, karena model pembelajaran Discovery Learning mengharapkan setiap siswa agar bisa menguasai materi pembelajaran yang diajarkan oleh tenaga penddidik. Karena model pembelajaran Discovery Learning lebih menekankan pada pengalaman langsung siswa dan lebih mengutamakan proses belajar siswa dibandingkan dengan hasil belajar dari siswa tersebut

Referensi

Afifah, Nur. Sulur.(2019).Pengaruh Pendekatan Saintifik pada Model Pembelajaran Discover Learning terhadap Kemampuan Menganalisis Materi Suhu dan Kalor Siswa Kelas XI MAN 1 Malang.Jurnal Riset Pendidikan Fisika,vol 4, no.1.

Al-Eben.Wirta,.Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa.Jurnal Luminous vol.3 no.1.hal 1.

Auliya,Wa Ode Nur.,NurlinaKhaeruddin.(2019).Implementasi Discovery Learning Berbantuan KIT Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.Jurnal Vidya Karya.

Azizah, Husnaul Nafilah,dkk.(2019).Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Usaha di SMP Negeri 3 Jember. Seminar Nasional Pendidikan Fisika.vol 4 no.1.

Haryadi,Rudi.,Rizal Mantofani.(2019).The Influence of Discovery Learning Model in Physics Learning.Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika.

Hasanah.Kiptiatul,. Nursalam.(2020).Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Terpadu MTS Miftahul Ulum Bantal.Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi.vol 7 no.2.

Iswadi Dwi Ayu.,Dwikoranto.(2015).Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis Di SMAN 1 Mojosari.Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika.

Maulida.Intan Nur, dkk.(2022).Pengaruh Media PhET dalam Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik.Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.vol 7,no.3.

Mebang Veronika, dkk.(2021).Pengaruh Respon Model Discovery Learning Berbasis Media Aplikasi Simply-Interactive terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa di SMAN 11 Samarinda.Jurnal Literasi Pendidikan Fisika.vol.2 no.1 halaman. 73-82.

Muhriyeh,dkk.Penerapan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa MAS RAUDHATUL ULUM MERANTI.

Nazarilia, Syafira.(2018).Peningkatan Hasil Belajar Fisika menggunakan Model Discovery Learning dengan Teknik Probing Prompting di SMA

Nenchi,Melfi.,Eko Swistoro,Eko Risdianto.(2017).Penngaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar.Jurnal Pembalajaran Fisika.

Nurfadillah,Windy Cahyana,Dian Pramana Putra.(2022).Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Flipbooks dalam Pembelajaran Fisika untuk Melatih Keterampilan Metakognisi Siswa SMAN 10 Gowa.Jurnal Pendidikan MIPA.

Nurul hidayah,Meissy Rizki.,Patricia H.M.Lubis,Muhammad Ali.Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Simulasi Phet terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa.Jurnal Pendidikan Fisika.

Pane,Januaris.,dkk.Effect of The Discovery Learning Model on Student Learning Outcomes on Heat Material.Jurnal Pendidikan Fisika

Rohim.Fathur,dkk.(2012). Penerapan Model Discovery Terbimbing pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Brfikir Kreatif.Unnes Physics Education Journal.

Sari,Endang Ratna.,Marungkil Pasaribu,Sahrul Saehana.(2013).Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Fisika pada Pokok Bahasan Kalor di SMP Negeri 2 Pamona Timur.Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika.

Sasingan,Mardince.,Alice Yeni Werawati Wote.(2022).Penggunaan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA.Journal For Lession and Learning Studies.

Sukmarani,Tiyas.,Wawan Bunawan.(2021).Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa.Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI).

Zulfah, Anis ,dkk.(2017).Implementasi Model Discovery Learning Disertai Lembar Kerja Siswa dalam Pembelajaran Fisika Siswa di SMA.Jurnal Pembelajaran Fisika vol.6 no.3.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-25

Cara Mengutip

Uci A.Nababan, L. ., Azhari Zulmi, M., Jesica Sihombing, M. ., & Putrini R Harahap, S. (2023). Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning pada Mata Pelajaran Fisika terhadap Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN ), 2(1), 1-8. https://doi.org/10.58466/intern.v2i1.1157

Terbitan

Bagian

Artikel