Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Alat Peraga Melalui Metode STAD
Kata Kunci:
alat peraga, hasil belajar, matematika, metode STADAbstrak
Alat peraga pada dasarnya adalah alat yang digunakan untuk mengilustrasikan konsep kepada siswa, sehingga memfasilitasi pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan alat peraga bangun datar dan metode STAD dalam memfasilitasi pembelajaran matematika siswa kelas IV di SDN 030 Tanese Desa Pao-Pao, Kecamatan Tutar. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas IV (sembilan orang) pada semester genap tahun ajaran 2023-2024. Penelitian dilakukan di SDN 030 Tanese, Kecamatan Alu, Kabupaten Polewali Mandar, dari tanggal 6 Mei 2020 hingga 18 Mei 2024. Jenis penelitian ini dikenal sebagai Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang mengharuskan guru menerapkan berbagai strategi untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Strategi-strategi ini mungkin tidak optimal, tetapi dirancang untuk memastikan bahwa tujuan pembelajaran tercapai. PTK bertujuan untuk membantu guru dalam mengidentifikasi strategi yang efektif untuk memfasilitasi pembelajaran siswa di kelas. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa menunjukkan peningkatan kemampuan matematika, yang dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata dan proporsi siswa yang mencapai nilai kelulusan. Pada tahap awal penelitian, nilai rata- rata siswa adalah 75,7, dengan 77,3% dari siswa yang mencapai nilai kelulusan. Pada siklus kedua, nilai rata-rata siswa adalah 80,5, dengan 90,9% siswa lulus. Kesimpulannya, temuan ini menunjukkan bahwa integrasi alat peraga dengan metode STAD dapat memfasilitasi peningkatan hasil belajar matematika bagi siswa di SDN 030 Tanese
Referensi
Ali, M. (2002). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Ani, I. S., Supandi., & Ariyanto, L. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantu LKS untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(6), 258-266. http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner
Apriana, Y. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Luas Bangun Ruang Dengan Menggunakan Alat Peraga Sederhana Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Cakranegara. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(2), 314-325. https://ejournal.yasin- alsys.org/index.php/tsaqofah
Asyura, R., et al. (2023). Mengenal Media & Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Banten
: CV. Yendi.
Barokah, S., Badarudin., & Eka, K. I. (2020). Penggunaan Pembelajaran STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(1),149 - 161.
Budiwibowo, S. (2018). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta.
Glover, D. (2006). Pembelajaran Matematika. Jakarta: Grafindo Media Pratama.
Khotimah, S. H., & Risan. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3 (1), 48-55.
Kinanti. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Materi Bangun Datar Matematika Melalui Media Alat Peraga Siswa Kelas IV SDN 2 Krida Utama Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Karya Insan Pendidikan Terpilih, 1(11), 2-15. https://doi.org/10.62518/bgc1ja59
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran.Penerbit Bintang Surabaya
Legiman, A. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Alat Peraga. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2), 150-153. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/index
Ningtyas, Y. D. W. K. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Mahameru Press
Purwanti, S., & Gafur, A. (2018). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 140- 148.
Rakiyah, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Matematics Paedagogic, 2(2), 124-132.
http://www.jurnal.una.ac.id/indeks/jmp
Roseffendi, ET. (1997). Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud.
Sadirman, A. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sillianggi, P., et al. (2023). Penggunaan Alat Peraga Bangun Datar Segiempat Pada Pembelajaran Matematika Kelas Iv Di Sdn 190
Bengkulu Utara. Setawar Abdimans, 2(2), 127-`132. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/Setawar/index
Sripurwantini., & Zubaidah, E. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang dengan Menggunakan Alat Peraga pada Kelas 9H di SMP Negeri 10 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(3), 195-204. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JOMEAL/index
Sulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda, 4(1), 17-23.
Sumardyono, (2004). Karakteristik Matematika dan Aplikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.
Sumilat, J. M., & Matutu, V. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievemen Divisions) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 865-870.
https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Sunarti. (2019). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Alat Peraga Geometri Datar Kelas Iii Sdn 008 Sangatta Selatan. Jurnal Pendas Mahakam.4(2).130-136.
Suryani, R. M., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Benda Manipulatif Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 163-176.
Taloen, S. Y., & Susanti, A. E. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Dalam Mengupayakan Tanggung Jawab Siswa/ [Stad (Student Teams Achievement Division) Cooperative Learning Model For Student Responsibility]. Jurnal Ilmiah, 19(2), 14-27