Pengaruh Model Pembelajaran Scientific Inquiry Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa

Penulis

  • Saima Putrini R Harahap Politeknik Negeri Ketapang
  • Nur Aida Politeknik Negeri Ketapang
  • Khairul Muttaqin Politeknik Negeri Ketapang
https://doi.org/10.58466/intern.v1i1.1360

Kata Kunci:

model pembelajaran, scientific inquiry, keterampilan generik sains

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap keterampilan generik sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan two group pre-test-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan semester II tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random class, yaitu sebanyak 2 kelas berjumlah 62 orang. Kelas X MIA3 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran scientific inquiry terdiri atas 30 siswa, kelas X MIA1 sebagai kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional terdiri atas 32 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes essay keterampilan generik sains yang terdiri dari 10 soal yang telah divalidasi. Nilai rata-rata siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran scientific inquiry diperoleh sebesar 79,63 dan untuk pembelajaran konvensional sebesar 66,69. Hasil uji t diperoleh thitung = 5,729 dan ttabel = 1,669 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran scientific inquiry berpengaruh terhadap keterampilan generik sains siswa.

Referensi

Ali, M. & Spencer, M. 2012. Scientific Inquiry based Professional Development Models in Teacher Education. Educational Sciences: Theory & Practice, Vol. 12, No. 1, 514-521.

Annisa, N. H dan Sudarmin. Pengaruh Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Diagram Vee Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10 (1) : 1692-1701.

Bao. 2013. Affective Factors in STEM Learning and Scientific Inquiry: Assessment of Cognitive Conflict and Anxiety, Special Issue of Research on Education Assessment and Learning. Ohio: Department of Physics Ohio State University.

Brotosiswoyo, B.S. 2000. Hakikat Pembelajaran MIPA di Perguruan Tinggi. Jakarta : Proyek Pengembangan Universitas terbuka. Departemen Pendidikan Nasional.

Demirbas, M. 2009. The relationships between the scientist perception and scientific attitudes of science teacher candidates in Turkey: A case study. Scientific Research and Essay. Vol. 4 (6) pp. 565-576.

Dumbrajs, S. 2011. Towards Meaningful Learning Through Inquiry. Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education, Vol. 3, No. 1, 39-50.

Hussain, A., Azeem, M., dan Shakoor, A. 2011. Physics Teaching Methods : Scientific Inquiry Vs Traditional Lecture. International Journal of Humanities and Social Science, 1(2): 163-169.

Joyce, B., Weil, M., dan Calhoun, E. 2009. Models of Teaching. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kaur, G. 2013. Scientific Attitude In Relation To Critical Thinking among Teachers. Educationia Confab. Vol. 2, No. 8.

Lacap, M. P. 2015. The Scientific Attitudes of Students Major In Science in the New Teacher Education Curriculum. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, Vol. 3, No. 5.

Lederman, N.G., Lederman, J.S., dan Antink, A. 2013. Nature of science and scientific inquiry as contexts for the learning of science and achievement of scientific literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 1(3), 138-147.

Mohamed dan Jaafar, M. 2009. Using Cooperative Learning to Improve Generic Skills among University Students. International Conference on Teaching and Learning in Higher Education. 1(2): 141-148.

Mukhopadhyay, R. 2013. Wheter aptitude in physics, scientific attitude, and deep approach to study explain generic skill in physics significantly-an investigation. International Journal of Humanities and Social Science Invention. 2(3): 56-72

National Institutes Of Health. 2005. Doing Science: The Process Of Scientific Inquiry. Colorado Springs: BSCS..

Sahyar, 2017. The Effect of Scientific Inquiry Learning Model Based on Conceptual Change on Physics Cognitive Competence and Science Process Skill (SPS) of Student at Senior Hihg school. Journal of Education and Practice. Vol.8, No.5.

Septiani, D., Sumarni, dan W., Saptorini. 2014. Efektivitas Model Inkuiri Berbantuan Modul dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 1(3): 34-44.

Sihotang, D. C. N. 2014. Analisis model pembelajaran scientific inquiry dan sikap ilmiah pada materi listrik dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2): 15-26

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-07

Cara Mengutip

Putrini R Harahap, S., Aida, N., & Muttaqin, K. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Scientific Inquiry Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN ), 1(1), 26-34. https://doi.org/10.58466/intern.v1i1.1360

Terbitan

Bagian

Artikel