Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Melalui Media Gambar Seri
Kata Kunci:
kemampuan menulis; cerita pendek; media gambar seriAbstrak
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kendala yang ditemukan oleh pengamat sekaligus guru di kelas. Hambatan yang dihadapi adalah rendahnya keterampilan dalam menulis cerita pendek. Guru dapat meningkatkan kemampuan menulis peserta didik dan mampu mengekspresikan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan dengan memanfaatkan media pendukung, yakni penggunaan gambar seri sebagai media. Pada studi ini langkah pelaksanaan dilaksanakan dengan menggunakan tes atau hasil evaluasi pada akhir pertemuan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan hasil apakah ada peningkatkan keterampilan menulis siswa dengan memanfaatkan media gambar seri pada siswa. Siswa kelas IV SDN 7 Praya yang dengan jumlah 22 siswa menjadi subyek studi. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan 2 siklus. Nilai standar siswa pada fase I sebesar 70,5 dan pada fase II sebesar 85dengan indicator keberhasilan yang ditetapkan adalah 75. Siswa yang berhasil mencapai nilai yang sudah ditentukan pada fase I sebanyak 14 siswa dan yang belum berhasil sebanyak 8 orang, pada fase II seluruh peserta didik berhasil mencapai nilai . Dari hasil yang didapatkan pad fase I dan fase II yaitu 70,5 menjadi 85 maka terjadi peningkatan sebanyak 15%. Sehingga dapat dikatakan yakni dalam proses belajar-mengajar terjadi peningkatan yang cukup signifikan sehingga penelitian ini dapat disimpulkan berhasil. Dari hasil pelaksanaan perbaikan yang dilakukan dapat diambil hasilnya bahwa memanfaatkan media gambar seri pada pembelajaran Bahasa Indonesia sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa
Referensi
Agustina, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Roundtable Berbantuan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 78–90. https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9424
Ahmad Rofi’uddin, D. Z. (2014). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Azhar Arsyad. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Aziezah, R. K. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.56
Budinuryanata, dkk. (2018). Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Edi Suyitno. (2013). Perilaku Tokoh Dalam Cerpen Indonesia. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Idham, M. A. M. (2018). Penggunaan Media Gambar Seri Pada Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Di Kelas X SMA N Unggul Tunas Bangsa Aceh Barat Daya. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 1–7.
Kusmini, K. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Media Gambar Seri Pada Peserta Didik Kelas IX D SMP Negeri 2 Panggul Trenggalek. Jurnal Simki Pedagogia, 5(2), 157–167. https://doi.org/10.29407/jsp.v5i2.135
Miarso,Y.(2016). Menyamai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Nurgiyantoro, B. (2014). Teori Pengkaji Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University.
Siregar,Y.S.,Darwis,M.,Baroroh, R.,& Andriyani, W. (2022). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 69–75. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i1.33
Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Tarigan,H.G.(2018). Membaca Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa