Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN 1 Molawe Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions)

Penulis

  • Hasrianti Universitas Terbuka
  • Saima Putrini R Harahap Politeknik Negeri Ketapang

Kata Kunci:

Hasil belajar, Matematika, Kooperatif Tipe STAD

Abstrak

Riset ini dilakukan untuk memeriksa tingkat keberhasilan penggunaan metode pembelajaran kooperatif STAD dalam mengajar matematika di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi akademik siswa kelas V di SDN 1 Molawe pada mata pelajaran matematika melalui penggunaan metode pembelajaran kooperatif STAD. Penelitian ini merujuk pada metode penelitian yang dikenal sebagai penelitian tindakan kelas. Penelitian tersebut melibatkan dua puluh murid dari kelas V sebagai objek penelitian. Penggunaan instrumen dilakukan melalui pengujian hasil tes. mempelajari dan mencatat informasi Keberhasilan dalam penelitian ini diukur dengan mencapai indikator bahwa setidaknya 80% peserta didik yang menjadi subjek penelitian telah berhasil mencapai nilai setidaknya sebesar ≥65, yang merupakan nilai minimal yang ditetapkan oleh sekolah. penelitian ini mengungkapkan bahwa temuan-temuan Peningkatan penguasaan matematika bagi murid kelas V SDN 1 Olawe bisa dicapai dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tingkat pencapaian belajar peserta didik mengalami peningkatan signifikan dari siklus I sebesar 70% menjadi 95% pada siklus II. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kolaboratif STAD secara signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V di SDN 1 Molawe

Referensi

Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara. Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Fatimah. R. F, dkk. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Staduntuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas X SMKS Muhammadiyah Bungoro. Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS) 1 (2), 126-131.

Hamzah, dkk. 2014. Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Ina Publikatama.

Hamzah, Ali, 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hasyda, S., & Djenawa, A. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Bermedia Mind Map untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sosoal Pada Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 696–706. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.414

Isjoni. (2016). Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Alfabeta.

Meke, K. D. P., & Wondo, M. T. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Melalui Penggunaan Bahan Manipulatif. Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan, 6(3), 588–600.

https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2861

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. Jurnal Pendidikan Matematika. 03(01), 64–73.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Saadah, F. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Elementary School (JOES), 1(1), 35–51. https://doi.org/10.31539/joes.v1i1.226

Suardiana, I. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5 (3).

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sugiono, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Prestasi Belajar Peserta didik (Studi pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 9 Lahat). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(2), 78–88. https://doi.org/10.33369/diadik.v10i2.18268

Sumarsih, (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Pada Peserta didik Kelas III SD Negeri Kembang ,Nanggulan, Kulon Progo Tahun Pelajaran 2020 /2021. Jurnal Guru Indonesiai. 2 (1).

Suparsawan, I. K., (2021) Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal of Education Development. 1 (4)

Wahyuningsih, E. (2019). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(2), 69–87. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.012-02

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Hasrianti, & Putrini R Harahap, S. (2025). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN 1 Molawe Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN ), 4(1), 19-28. Diambil dari https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1838

Terbitan

Bagian

Artikel