Analisis Kebutuhan Awal Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Green Chemistry untuk Mencapai Keamanan di Dalam Laboratorium

Penulis

  • Sandy Yudha Universitas Negeri Medan
  • Nurfajriani Nurfajriani Universitas Negeri Medan
https://doi.org/10.58466/intern.v2i1.1166

Kata Kunci:

Penuntun, Praktikum, Green Chemistry

Abstrak

Sistem Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran di sekolah maupun belajar secara mandiri. Sehingga perlu adanya media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami pembelajaran kimia. Kimia merupakan ilmu alam yang bersifat sebagai produk dan konsep sehingga dalam pembelajarannya dapat dilakukan melalui kegiatan praktikum. Kegiatan praktikum dibutuhkan suatu perangkat sebagai panduan dalam kerja ilmiah yang disebut buku penuntun praktikum. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu menjabarkan secara deskriptif hasil analisis yang dilakukan. Adapun tahapannya sebagai berikut tahap wawancara dilakukan kepada guru mata pelajaran kimia untuk mendapatkan   data berupa penggunaan petunjuk praktikum yang selama ini digunakan dan harapan untuk perbaikan. Kedua tahap analisis dilakukan menggunakan angket yang diberi kepada siswa untuk melihat bagaimana kegiatan proses belajar mengajar praktikum di sekolah selama ini. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI IPA SMA Swasta Al-Azhar Medan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dijabarkan, maka disimpulkan bahwa penuntun praktikum kimia yang selama ini digunakan di SMA Swasta Al-Azhar  Medan belum memenuhi kriteria. Pada pelaksanaan praktikum kimia siswa belum menggunakan modul praktikum khusus, namun hanya menggunakan modul yang tersedia pada buku paketnya saja

Referensi

Achmad, Hiskia. dan Lubna Baradja. 2015. Demonstrasi Kimia 2. Bandung: Nuansa Cendekia

Alkan, F. (2016). Experiential learning: Its effects on achievement and scientific process skills. Journal of Turkish Science Education, 13(2), 15-26.

Arif, K. 2020. Development of Green Chemistry-Based Chemistry Practice Guidance for XII Grade on Odd Semester. , Journal of Science Education and Teaching, Vol.3 No.1, p.50-58

Feyzioglu, B. 2009. An Investigation of the Relationship Between Science Process Skills with Efficient Laboratory Use and Science Achievement in Chemistry Education. Journal of Turkish Science Education, 6 (3), 114-132.

Kemendikbud RI. Press workshop: Implementasi kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2014).

Kemendikbud. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Kurniawan, Ekin Dwi Arif. Nurfajriani. dan Ramlan Silaban. 2019. Development of Guided Inquiry Green Chemistry Practicum Guides. Proceedings of The 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL). Medan:23-24 September 2019. Hal. 103-106.

Nuraeni, Yeni. Zulela MS, and Endry Boeriswati. 2020. A Case Study of Curriculum Implementation and K-13 Challenges in Indonesia. International Journal for Educational and Vocational Studies. Vol. 2, No. 1, January 2020, pp. 14-18.

Papuangan, Nurmaya. Nuraini Sirajudin, dan Nurti Abd. Samad. 2018. Analysis of Practicum Implementation in Laboratory and Its Problems in Biological Learning at MAN 1

Pemerintah Republik Indonesia.

Peraturan Pemerintah. 2005. Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permendiknas. 2007. Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Prihantoro, C. R. (2014). The perspective of curriculum in Indonesia on environmental education. International Journal of Research Studies in Education, 4(1), 2014. 77–83.

Rusmansyah, Leny Yuanita, Muslimin Ibrahim, Isnawati, dan Binar Kurnia Prahani. 2019. Innovative Chemistry Learning Model:Improving The Critical Thinking Skill and Self- Efficacy of Pre-Service Chemistry Teachers. Journal of Technology and Science Education. 9(1), 2019. 59-76

Septiayuni, Muthia. Syamsi Aini, Jon Efendi, Indang Dewata, dan Lisda Amelia. 2019. Development of Green Chemistry-Based Practical Guide Book in Science High School Students Class X Even Semester. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT). Vol. 16 No. 2 September 2019, pp. 32-37

Tidore. In Proceedings of the 1st International Conference on Teaching and Learning (ICTL 2018), pages 237-241

Undang-Undang Republik Indonesia. 2003. Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Republik Indonesia

Widayanto. 2009. Development of Process Skills and Understanding of Class X Students through Optical Kits. Journal of Indonesian Physics Education, 5 (1), 1-7.

Yunita. 2005: Panduan Demonstrasi dan Percobaan Permainan Kimia untuk SD, SMP, dan SMA. Bandung: Pudak Scientific

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-25

Cara Mengutip

Yudha, S., & Nurfajriani, N. (2023). Analisis Kebutuhan Awal Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Green Chemistry untuk Mencapai Keamanan di Dalam Laboratorium. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN ), 2(1), 33-39. https://doi.org/10.58466/intern.v2i1.1166

Terbitan

Bagian

Artikel