Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Fisika Di SMA
Abstrak
Salah satu model yang direkomendasikan untuk penerapan kurikulum merdeka
belajar adalah model pembelajaran berbasis masalah (MPBM). Pembelajaran berbasis masalah
adalah model pembelajaran yang mengutamakan penyelesaian masalah umum yang lazim
terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini mengetahui efektifitas
penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dalam kemampuan pemecahan masalah dan
hasil belajar fisika di SMA. Penelitian ini menggunakan metode Meta Analisis dengan teknik
analisis data perhitungan effect size. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini terdiri dari
20 item artikel yang sudah memiliki ISSN. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat
disimpulkan beberapa hal sebagai berikut; 1). Rata-rata effect size model pembelajaran
berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah adalah sebesar 1,94. Sedangkan
untuk terhadap hasil belajar siswa sebesar 1,51 yang masuk dalam kategori tinggi. Ini berarti
penerapan pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah
dan hasil belajar siswa ; 2) Materi pembelajaran yang paling cocok pada pembelajaran berbasis
masalah yaitu materi Fluida Statis dengan effect size 3,50 ; 3) Berdasarkan jenjang kelas yang
efektif menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yaitu pada jenjang SMA kelas XII
dengan kategori tinggi memperoleh effect size 1,91.
Referensi
Aninnah, N dan Wiyatmo, Y. (2016). Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Fisika Aspek Kognitif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA Antara Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Konvensional Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika,5(4), 225-230.
Annovasho, J dan Budiningarti, H. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Peminatan MIPA pada Pelajaran Fisika Materi Fluida Statik di SMA Negeri 1 Baureno Bojonegoro. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 3(3), 20-26.
Ashad, M. S., Ali, M., & Marungkil Pasaribu, dan. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 1(2), 3240.
Aulia, I, M., Hikmawati dan Susilawati. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 1(8), 52 - 57.
Aziz, A., Rokhmat, J., & Kosim. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Gunungsari. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 201–204.
Destianingsih, E., Pasaribu, A dan Ismet. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran Fisika Kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 1-6.
Febriani., Tawil, M dan Sari,S. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Gender. Jurnal Al-Musannif, 3(2), 67-82.
Ibrahim, Khosin dan Gunawan. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 14 - 23.
Jemarus, W. (2022). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMA Negeri 1 Langke Rembong. EDUNET-The Journal of Humanities and and Applied Education, 1(2), 238–248.
Kharida, L. A., Rusilowati, A., & Pratiknyo, K. (2009). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan elastisitas bahan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2), 83-89.
Kurniawan, B, R dan Taqwa, M, R. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan, 3(2), 1451-1457.
Munandar, H dan Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 5 Mataram Tahun Ajaran 2016/2021. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 111-120.
Ningsih, E., Efendi, N., & Sartika, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah disertai sumber belajar lingkungan terhadap hasil belajar fisika dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. DIKSAINS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 3(1), 1–6.
Nurlina, Nurhayati, & Arafah, K. (2015). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Majene. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 11(3), 245–250.
Nursita, Darsikin dan Syamsu. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Hukum Newton Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 3(2), 18-23.
Puspadewi, M. M., Sadia, I. W., & Yasa, P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran BerbasisMasalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X MIA 2 SMA Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 7(2), 131–140.
Rerung, N., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47-55.
Sukaryaningsih, N,P,M.,Pujawan, I,G,N dan Rapi, N,K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 13(1), 90-99.
Sutria, Y., Sirait, S. A., & Utami, A. K. Meta Analisis Efektivitas Model PJBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(1), 52-58.
Wijaya, S. A., Medriati, R., & Swistoro, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa di SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 28–35.
Zunanda, M dan sinulingga, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah da Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Sisw SMK. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 63-70