Meta Analisis Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning terhadap Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fisika

Authors

  • Gabriella F. Simamora Universitas Negeri Medan
  • Kristina Triany M Universitas Negeri Medan
  • Islami Fatwa Universitas Malikussaleh
https://doi.org/10.58466/intern.v1i2.1450

Keywords:

contextual teaching and learning, critical thinking, learning outcomes

Abstract

At the present time there are still many teachers who apply the lecture method in learning, especially physics so that it does not activate students in the learning process. While at this time students to be able to think critically in the learning process. One of the learning models that can improve students' critical thinking skills in learning is by using Contextual Teaching and Learning. Contextual Teaching and Learning (CTL) is a learning model that provides facilities for student learning activities to find, manage, and discover concrete learning experiences that are linked to students' real lives. So this article was created with the aim of providing references related to learning models which in their application can improve student learning outcomes in schools. This study uses a meta-analysis with the calculation of effect size . Collecting data for this research by reviewing and exploring various journals related to Contextual Teaching and Learning. The meta analysis used is quantitative because it uses numerical calculations

References

Adila Ayu Verlina,dkk. (2018). Pengaruh Penggunaan Modul Kontekstual Berbasis Multi Representasi Pada Pembelajaran Hukum Gravitasi Newton Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal ilmiah multi sains , 11(2) , 87-93.

Andi Suhandi .(2003).Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengaplikasikan Konsep Fisika Dalam Konteks Kehidupan Nyata. Jurnal Pengajaran MIPA , 4(2), 40-47.

A.Neizela. (2015). Meningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Kontekstual Dengan Metode Think Pair Share Materi Kalor Pada Siswa Smp. Unnes Physics Education Journal, 4(1), 38-42.

Antomi siregar, dkk. (2013). Pembelajaran Fisika Kontekstual Melalui Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Diskusi Menggunakan Multimedia Interaktif Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Dan Kemampuan Verbal Siswa. JURNAL INKUIRI, 2(2), 100- 113.

Ayuningtias,N.K.A.T, dkk . (2019). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Kelas Xi Mipa 4 Sman Tahun Ajaran 2018/2019. JPPF , 9(1) , 34-42.

Dinati putri , dkk . (2019). Pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa pada materi energi terbarukan. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2) , 87-93.

Dini Varastica, dkk. (2021). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Pokok Bahasan Usaha Di Sma Anjongan. Jurnal Ilmu Pendidikan Pontianak.

D.Yulianti , dkk . (2011). Penerapan Jizsaw Puzzle Competition Dalam Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP . Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia , Vol 6 , 84 – 89.

Febrian Eko priandono, dkk . (2012). Pengembangan Media Audio-Visual Berbasis Kontekstual Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(3) , 247-253.

Fitri Handayani, dkk. (2022). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Tentang Hukum Archimedes . Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (2) .1871 - 1878.

Ibrahim .E, Yusuf. M. (2019). Implementasi Modul Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model React Berbasis Kontekstual Pada Konsep Usaha Dan Energi. Jambura Physics Journal, 1(1) , 1-13.

Kintanisa dinanti , dkk . (2019) . Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Terbarukan. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2) , 87-93.

M.Fayakun, P.Joko . (2015). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Kontekstual (Ctl) Dengan Metodepredict,Observe,Explain Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi . Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia , 11(1) , 49-53.

Mohammad sufaudin , majid . (2016). Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Metode Eksprerimen Dan Demonstrasi Diskusi Pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Teknika STTKD , 3(2) , 92-106.

Muhidin . (2016). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Questioning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII.IPA SMAN 1 Madapangga Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan MIPA , 6(1) , 55-62.

Rahma Diani , dkk. (2016). Uji Effect size Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X Man 1 Pesisir Barat . Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi ,05 (2). 265-275

Rani refna , dkk. (2022). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Mengukur Hasil Belajar Fisika Materi Gerak Lurus Kelas X SMA Negeri 2 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan , 3(1) , 42- 60.

Rini amelia, Festiyed, asrizal .(2021). Analisis Effect size Penggunaan Modul Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Fisika peserta Didik Sma. Jurnal inovasi dan pembelajaran fisika , 8(1) . 85-98

Rosi yulistia wati , dkk . (2021) . Pembelajaran Fisika Berbasis Ctl Melalui Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Tata Surya . Jurnal pendidikan sains dan matematika , 9(1) , 40-49.

Zulhaidi , dkk . (2016) . Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Hukum Newton Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di Man Model Banda Aceh . Jurnal Pendidikan Sains Indonesia , 4 (1) , 196-127

Published

2024-03-28

How to Cite

F. Simamora, G., Triany M, K. ., & Fatwa, I. (2024). Meta Analisis Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning terhadap Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN ), 1(2), 99-107. https://doi.org/10.58466/intern.v1i2.1450

Issue

Section

Artikel