Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) di SMP Negeri 1 Angkola Barat

Penulis

  • Aminah Harahap UIN Syahada Padangsidimpuan
  • Putri Khoirul Jannah UIN Syahada Padangsidimpuan
https://doi.org/10.58466/intern.v1i2.1397

Kata Kunci:

Kreativitas, Model Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review, Gerak lurus

Abstrak

Hasil belajar fisika siswa kelas VIIIf untuk mata pelajaran fisika masih kurang. Salah satu kesulitan siswa dalam pembelajaran karena kurangnya kreativitas siswa dalam pembelajaran fisika khususnya pada pokok bahasan gerak lurus. Rendahnya kreativitas belajar fisika siswa berpengaruh terhadap keberhasilan suatu proses pembelajaran. Untuk mengembangkan kreativitas, perlu model pembelajaran yang mampu melatih keterampilan siswa. Dengan penerapan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) siswa dituntut lebih aktif dan  kreatif  sehingga  siswa dapat menemukan cara untuk pemecahan masalah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) di SMP Negeri 1 Angkola Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Panduan Guru, Lembar Kerja siswa. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu tes, observasi dan angket respon. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah adanya peningkatan kreativitas fisika siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran gerak lurus dengan menerapkan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) dapat meningkatkan kreativitas belajar fisika siswa sehingga penerapan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) dapat dijadikan alternatif pembelajaran

Referensi

Abbas, Nurhayati. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Penilaian Portofolio di SMPN 10 Gorontalo. (online). (http;//www.depdiknas. go.id/jurnal/S1/nurhayati-penerapan.pdf). diakses 2011

Darmansyah. (2015). Penelitian Tindakan Kelas, Padang: UNP Press.

Depdiknas. (2013)Kurikulum Satuan Pendidikan, Jakarta: Depdiknas

Douglas, Frederick. (2001). Using Alternative Assessment To Improve The Teaching.California, USA: Corwin Press

Muhammad Nur dan Kardi. (2001). Pengajaran Langsung. Surabaya: University Press, dalam Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nurhadi (2010). Pembelajaran kontekstual dan penerapannya dalamkurikulum, Malang: Universitas Negeri Malang

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-28

Cara Mengutip

Harahap, A., & Khoirul Jannah, P. . (2024). Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) di SMP Negeri 1 Angkola Barat. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN ), 1(2), 73-84. https://doi.org/10.58466/intern.v1i2.1397

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama