Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN ) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern <p>Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN) di https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern merupakan jurnal blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang MIPA .Artikel yang dipublikasikan di Jurnal INTERN meliputi hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama), sedangkan untuk artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (bukan prioritas utama) dan juga komentar yang bersifat kritikan terhadap hasil tulisan ilmiah yang dipublikasi oleh jurnal INTERN . Semua publikasi di jurnal INTERN bersifat akses terbuka yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas online tanpa berlangganan apapun.</p> id-ID intern@politap.ac.id (Saima Putrini R Harahap, S.Pd.,M.Pd) intern@politap.ac.id (Saima) Thu, 28 Mar 2024 05:03:55 +0000 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Multimedia dengan Asesmen Formatif pada Materi Fluida Statis https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1394 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul elektronik berbasis multimedia dengan asesmen formatif pada materi fluida statis dan mengetahui tingkat kelayakannya. Jenis penlitian yang digunakan adalah <em>Reseach and Development</em> (RnD) dengan menggunakan metode 4D (<em>Define, Design, Delompent, Desseminate</em>). Namun penelitian ini hanya sampai tahap <em>development</em>. Instrumen penelitian terdiri dari angket validasi ahli materi dan media, dan instrumen uji kelayakan media. Penelitian dilakukan pada 2 ahli yang terdiri dari dosen dan guru, dan 135 siswa kelas XI. Hasil penelitian berhasil mengembangkan modul elektronik berbasis multimedia dengan asesmen formatif pada materi fluida statis. Berdasarkan hasil penilaian angket validasi media, angket validasi materi, dan angket uji kelayakan diperoleh rata-rata presentase sebesar 91,67%, 90,83%, dan 87,36% sehingga media dalam kategori sangat layak. Meskipun layak digunakan, media ini memiliki kelemahan yakni memerlukan penyimpanan yang besar karena menggunakan aplikasi <em>PowerPoint</em>. Oleh karena itu, peneliti berikutnya diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan mengembangkan media menggunakan aplikasi lain</p> Muhammad Reyza Arief Taqwa, Muhammad Adhe Febriyanto, Achmad Misbakhussuduri Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN ) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1394 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 Manfaat Media Pembelajaran Edrawmind untuk Melatih Kreativitas Mahasiswa Fisika https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1396 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan manfaat media pembelajaran <em>edrawmind</em> dalam melatih kreativitas mahasiswa pada matakuliah metodologi pembelajaran fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara <em>tri-anggulasi</em> (gabungan) berupa kajian pustaka dengan mengumpulkan data terutama data verbal melalui buku, artikel, catatan, dan berbagai literatur ilmiah lainnya. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa prodi tadris fisika. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester IV prodi tadris fisika pada mata kuliah metodologi pembelajaran fisika UIN Syahada Padangsidimpuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah menggunakan instrumen non tes dengan membandingkan kinerja kreatif dari mahasiswa sebelum dan sesudah mengenal media pembelajaran <em>edrawmind</em>. Hasil penelitian menunjukkan <em>edrawmind </em>dapat melatih kreativitas mahasiswa dalam membuat <em>mind map</em>. Hal tersebut ditunjukkan melalui <em>mind map</em> mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran <em>edrawmind </em>lebih kreatif dibanding tanpa menggunakan media pembelajaran <em>edrawmind</em></p> Sri Handayani Parinduri, Melati Sukma Sitompul, Putri Khoirul Jannah Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN ) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1396 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) di SMP Negeri 1 Angkola Barat https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1397 <p>Hasil belajar fisika siswa kelas VIIIf untuk mata pelajaran fisika masih kurang. Salah satu kesulitan siswa dalam pembelajaran karena kurangnya kreativitas siswa dalam pembelajaran fisika khususnya pada pokok bahasan gerak lurus. Rendahnya kreativitas belajar fisika siswa berpengaruh terhadap keberhasilan suatu proses pembelajaran. Untuk mengembangkan kreativitas, perlu model pembelajaran yang mampu melatih keterampilan siswa. Dengan penerapan model pembelajaran PQ4R (<em>Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review</em>) siswa dituntut lebih aktif dan&nbsp; kreatif&nbsp; sehingga&nbsp; siswa dapat menemukan cara untuk pemecahan masalah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran PQ4R (<em>Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review</em>) di SMP Negeri 1 Angkola Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Panduan Guru, Lembar Kerja siswa. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu tes, observasi dan angket respon. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah adanya peningkatan kreativitas fisika siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran gerak lurus dengan menerapkan model pembelajaran PQ4R (<em>Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review</em>) dapat meningkatkan kreativitas belajar fisika siswa sehingga penerapan model pembelajaran PQ4R (<em>Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review</em>) dapat dijadikan alternatif pembelajaran</p> Aminah Harahap, Putri Khoirul Jannah Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN ) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1397 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 Dampak Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Biologi Uin Syahada Padangsidimpuan https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1403 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak negatif dan positif pembelajaran<em> daring </em>pada masa pandemi Covid-19 yaitu untuk mengetahui minat belajar dari mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar questioner melalui online. Jenis penelitian adalah kualitatif. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa di UIN Syahada Padangsidimpuan. Populasi penelitian berjumlah 18 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara random sampling dengan jumlah sampel 9 orang. Instrumen pengumpulan data lebih ke kuisioner menggunakan google from.Tehnik pengumpulan data dengan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dampak negatif pembelajaran jarak jauh yaitu jaringan tidak memadai, mahasiswa kurang paham dengan materi pembelajaran, mahasiswa merasa kurang semangat mengikuti pembelajaran daring, keterbatasan fasilitas dalam pembelajaran daring menyulitkan mahasiswa dan kuota internet mahal. Dampak positif dari pembelajaran jarak jauh yaitu pembelajaran daring lebih parktis dan santai, penyampaian informasi lebih cepat dan bisa menjangkau banyak mahasiswa, siswa lebih tertarik dalam mengerjakan tugas, dosen dan siswa memperoleh pengalaman baru terkait pembelajaran daring. Maka, dapat disimpukan bahwa terdapat dampak positif dan negatif dari pembelajaran jarak jauh (<em>daring</em>).</p> Hotmaidah Hasibuan, Wita Widia Suryani Lubis Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN ) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1403 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 Penerapan Literasi Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di Era Society 5.0 https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1449 <p>Pada era <em>society </em>5.0, literasi adalah salah satu kebutuhan bagi setiap manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang berpusat pada manusia yang berkolaborasi yang tidak terlepas dari teknologi. Salah satu literasi yang penting di era ini adalah literasi sains. Penerapan literasi sains bisa dilakukan melalui pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan literasi sains dalam pembelajaran fisika sehingga berguna dalam meningkatkan mutu persaingan dunia dalam pendidikan di era <em>society</em> 5.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan informasi dan data dari berbagai material kepustakaan seperti buku, artikel, penelitian sebelumnya, catatan serta jurnal yang berhubungan dengan penerapan literasi sains pada pembelajaran fisika di era <em>society</em> 5.0. Pembelajaran fisika dapat dijadikan sebagai proses, produk, sikap dan teknologi. Pembelajaran fisika yang dapat mencapai literasi sains adalah pembelajaran yang sesuai dengan hakikat pembelajaran fisika. Salah satu keterampilan yang dibutuhkan di era <em>society</em> 5.0 adalah keterampilan literasi sains. Antara era <em>society</em> 5.0 dan literasi sains memiliki tujuan yang sama dalam menjawab segala tantangan kehidupan bermasyarakat dan meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan</p> Ika Lestari, Onggung B.K Gultom, Fransiska Saputri Zebua Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN ) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1449 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000 Meta Analisis Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning terhadap Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fisika https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1450 <p>Pada masa sekarang masih banyak guru yang menerapkan metode ceramah dalam pembelajaran khususnya fisika sehingga kurang mengaktifkan siswa dalam proses belajar. Sedangkan pada saat ini siswa dituntut untuk dapat berpikir kritis dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kristis siswa dalam pembelajaran yaitu dengan <em>menggunakan Contextual Teaching and Learning. Contextual Teaching and Learning (CTL)</em> merupakan suatu model pembelajaran yang memberikan fasilitas kegiatan belajar siswa untuk mencari, mengelola, dan menemukan pengalaman belajar yang lebih bersifat konkret dan mengaitkan dengan kehidupan nyata siswa. Sehingga artikel ini di buat dengan tujuan untuk memberikan referensi terkait model pembelajaran yang dalam penerapannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. Penelitian ini mengunakan meta analisis dengan perhitungan <em>effect size </em>. Pengumpulan data untuk penelitian ini dengan mengkaji serta menelusuri berbagai jurnal yang terkait dengan <em>Contextual Teaching and Learning</em> . Meta analisis yang digunakan bersifat kuantitatif karna menggunakan perhitungan angka</p> Gabriella F. Simamora, Kristina Triany M, Islami Fatwa Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN ) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1450 Thu, 28 Mar 2024 00:00:00 +0000