Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN ) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern <p>Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN) di https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern merupakan jurnal blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang MIPA .Artikel yang dipublikasikan di Jurnal INTERN meliputi hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama), sedangkan untuk artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (bukan prioritas utama) dan juga komentar yang bersifat kritikan terhadap hasil tulisan ilmiah yang dipublikasi oleh jurnal INTERN . Semua publikasi di jurnal INTERN bersifat akses terbuka yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas online tanpa berlangganan apapun.</p> id-ID intern@politap.ac.id (Saima Putrini R Harahap, S.Pd.,M.Pd) intern@politap.ac.id (Saima) Wed, 30 Apr 2025 00:00:00 +0000 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Efek Pembuatan Miniatur Bencana Alam dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1766 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek pembuatan miniatur bencana alam dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa pada mata kuliah fisika lingkungan. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif menggunakan prosedur penelitian survey studi pustaka dan studi lapangan. Instrumen penelitian berupa tes kreativitas berbentuk essai berjumlah 5 dan lembar observasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester VII Prodi Tadris Fisika UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembuatan miniatur bencana alam mampu meningkatkan kreativitas mahasiswa pada mata kuliah fisika lingkungan.</p> Sri Handayani Parinduri, Fitriani Parinduri Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN ) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1766 Wed, 30 Apr 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Program Bimbingan Belajar terhadap Prestasi Akademik Anak‑anak di Panti Asuhan Yayasan Berkat Kasih https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1849 <p>Anak‑anak di panti asuhan sering kali kekurangan layanan bimbingan belajar yang konsisten, sehingga berdampak pada prestasi akademik mereka. Penelitian ini menggunakan desain quasi‑eksperimen dengan kelompok eksperimen (n=10) dan kontrol (n=10), melakukan pretest‑posttest pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. Analisis paired‑sample t‑test menunjukkan peningkatan skor signifikan pada kelompok eksperimen (Matematika: t(9)=4,21; p&lt;0,01; Bahasa Indonesia: t(9)=3,87; p&lt;0,01), sedangkan kelompok kontrol tidak menunjukkan perubahan bermakna (p&gt;0,05). Temuan ini menegaskan efektivitas program bimbingan belajar dalam meningkatkan prestasi akademik anak‑anak di panti asuhan.</p> Palma Juanta, Diki Ferdianto S., Stephani Della Christin Zai, Prasetya Amal Dinata, Raditia Sumana, Vera Friska Telaumbanua Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN ) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1849 Wed, 30 Apr 2025 00:00:00 +0000 Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN 1 Molawe Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1838 <p>Riset ini dilakukan untuk memeriksa tingkat keberhasilan penggunaan metode pembelajaran kooperatif STAD dalam mengajar matematika di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi akademik siswa kelas V di SDN 1 Molawe pada mata pelajaran matematika melalui penggunaan metode pembelajaran kooperatif STAD. Penelitian ini merujuk pada metode penelitian yang dikenal sebagai penelitian tindakan kelas. Penelitian tersebut melibatkan dua puluh murid dari kelas V sebagai objek penelitian. Penggunaan instrumen dilakukan melalui pengujian hasil tes. mempelajari dan mencatat informasi Keberhasilan dalam penelitian ini diukur dengan mencapai indikator bahwa setidaknya 80% peserta didik yang menjadi subjek penelitian telah berhasil mencapai nilai setidaknya sebesar ≥65, yang merupakan nilai minimal yang ditetapkan oleh sekolah. penelitian ini mengungkapkan bahwa temuan-temuan Peningkatan penguasaan matematika bagi murid kelas V SDN 1 Olawe bisa dicapai dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tingkat pencapaian belajar peserta didik mengalami peningkatan signifikan dari siklus I sebesar 70% menjadi 95% pada siklus II. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kolaboratif STAD secara signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V di SDN 1 Molawe</p> Hasrianti, Saima Putrini R Harahap Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN ) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1838 Wed, 30 Apr 2025 00:00:00 +0000 Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Penyajian Data Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1843 <p><em>Permasalahan rendahnya restasi belajar Matematika yang dicapai murid kelas V di SD Negeri 1 Banjar Anyar, khususnya pada topik penyajian data, mendorong dilaksanakannya tindakan perbaikan melalui inovasi dalam strategi pembelajaran. Tujuan dari PTK tersebut guna mengoptimalkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan pendekatan PBL, yang difokuskan pada peningkatan keaktifan siswa selama kegiatan belajar mengajar. Metode tersebut dipilih karena dinilai mampu menstimulasi partisipasi aktif, mengasah keterampilan berpikir logis, serta mendorong siswa menghadapi serta mampu mengatasi permasalahan yang sesuai dengan realitas kehidupan siswa. Melalui strategi ini, siswa diharapkan mampu memahami konsep penyajian data serta menunjukkan peningkatan dalam capaian hasil belajar dan keaktifan. Penelitian ini melibatkan 28 peserta didik kelas V SD Negeri 1 Banjar Anyar, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan melalui triangulasi teknik dan sumber, dengan analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Proses penelitian berlangsung dalam dua siklus. Siklus I memperlihatkan rata-rata nilai siswa sebesar 78,75 dengan tingkat ketuntasan 64,3%. Setelah perbaikan pembelajaran siklus II, rata-rata nilai siswa naik menjadi 89,64 dengan tingkat ketuntasan mencapai 96,4%. Pencapaian ini telah melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu rata-rata 70 dan ketuntasan klasikal 80%. Penerapan PBL memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar Matematika pada materi penyajian data.</em></p> <p><strong>Kata kunci</strong>: hasil belajar, penyajian data, PBL</p> Luh Gede Made Dinda Widari, Mar'atus Sholihah, Saima Putrini R Harahap Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN ) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1843 Wed, 30 Apr 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Pengunaan Media Pembelajaran Video Animasi IPA Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1897 <p>Minat belajar siswa Sekolah Dasar terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) masih tergolong rendah, yang disebabkan oleh metode pembelajaran <em>konvensional</em> yang monoton dan kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi terhadap peningkatan minat belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPA. Penelitian dilaksanakan di SDN 067262 Medan dengan desain posttest only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik <em>purposive sampling</em> yang melibatkan dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran menggunakan video animasi, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode <em>konvensional</em>. Teknik pengumpulan data menggunakan angket minat belajar dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan melalui uji-t dan uji <em>Mann-Whitney</em> dengan bantuan SPSS 25, serta uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan media video animasi terhadap peningkatan minat belajar siswa, dengan nilai signifikansi uji-t sebesar 0,000 &lt; 0,05. Kelompok eksperimen memperoleh skor lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, menunjukkan peningkatan fokus, antusiasme, dan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran IPA. Penelitian ini menunjukkan kebaruan pada penerapan media animasi sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran IPA. Implikasi penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru untuk memanfaatkan media video animasi sebagai alat bantu pembelajaran yang efektif di tingkat sekolah dasar.</p> Palma Juanta, Rika Debora Masdalena Sembiring, Handika Wanggara, Indriani Herdian Br. Sihombing, Yabes Bastianus Rumahorbo, Zuan Pratama Simangunsong Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN ) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1897 Wed, 30 Apr 2025 00:00:00 +0000