Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa

Penulis

  • Sri Handayani Parinduri UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
  • Makmur Sirait Universitas Negeri Medan
https://doi.org/10.58466/intern.v1i1.1358

Kata Kunci:

aktivitas; hasil belajar; kooperatif STAD; presentasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media presentasi terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang di MTsN 2 Medan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP MTsN 2 Medan yang berjumlah 7 kelas dan sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang diambil secara cluster random sampling. Penulis menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media presentasi di kelas eksperimen dan model pembelajaran langsung di kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes (pilihan ganda) dan non-tes (observasi). Hasil postes kelas eksperimen 79,43 dan kelas kontrol adalah 72,43. Aktivitas siswa pada saat pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media presentasi mengalami peningkatan mulai dari 47,21% (cukup aktif) pada pertemuan pertama,  60,95% (aktif) pada pertemuan kedua dan menjadi 72,24% (aktif) pada pertemuan ketiga. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media presentasi lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung

Referensi

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Fatmawati, A., dan Eko, H. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD yang Mengintegrasikan Keterampilan Time Token terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Khadijah Surabaya pada Materi Pokok Fisika Fluida Statik. Jurnal FMIPA Unesa Surabaya.

Isjoni. (2013). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran. Medan: Media Persada.

Putri, H.E., Arief, A. (2013). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Metode Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Siswa pada Sub Pokok Bahasan Energi di SMP Negeri 1 Laren Lamongan. Jurnal FMIPA Unesa Surabaya.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyanti, R., D. (2006). Pembekalan Kemampuan Generic Bagi Calon Guru Melalui Pembelajaran Kimia Anorganik Berbasis Multimedia. Disertasi Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Trinovia, V., dan Mulyanratna, M. (2013). Penerapan Strategi Index Card Match (Mencari Pasangan Kartu) dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Alat Optik. Jurnal FMIPA Unesa Surabaya.

Usman, H. (2008). Pengantar Statistika. Yogyakarta: Bumi Aksara

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-07

Cara Mengutip

Parinduri, S. H., & Sirait, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN ), 1(1), 10-17. https://doi.org/10.58466/intern.v1i1.1358

Terbitan

Bagian

Artikel