Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Multimedia dengan Asesmen Formatif pada Materi Fluida Statis
Kata Kunci:
Modul elektronik; multimedia, asesmen formatif, fluida statisAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul elektronik berbasis multimedia dengan asesmen formatif pada materi fluida statis dan mengetahui tingkat kelayakannya. Jenis penlitian yang digunakan adalah Reseach and Development (RnD) dengan menggunakan metode 4D (Define, Design, Delompent, Desseminate). Namun penelitian ini hanya sampai tahap development. Instrumen penelitian terdiri dari angket validasi ahli materi dan media, dan instrumen uji kelayakan media. Penelitian dilakukan pada 2 ahli yang terdiri dari dosen dan guru, dan 135 siswa kelas XI. Hasil penelitian berhasil mengembangkan modul elektronik berbasis multimedia dengan asesmen formatif pada materi fluida statis. Berdasarkan hasil penilaian angket validasi media, angket validasi materi, dan angket uji kelayakan diperoleh rata-rata presentase sebesar 91,67%, 90,83%, dan 87,36% sehingga media dalam kategori sangat layak. Meskipun layak digunakan, media ini memiliki kelemahan yakni memerlukan penyimpanan yang besar karena menggunakan aplikasi PowerPoint. Oleh karena itu, peneliti berikutnya diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan mengembangkan media menggunakan aplikasi lain
Referensi
Adi, A. S., & Rusilowati, A. (2018). Identifikasi Profil Kesulitan Belajar Fisika Topik Fluida Statis pada Siswa SMA di Kabupaten Demak. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.15294/upej.v7i1.22475
Aditia, D., Ariatama, S., & Ma, A. (2020). HISTOGRAM ( History In Hologram ): Fun Learning Media to Learn Ancient Relics of Indonesia. 9(4), 11–22. https://doi.org/10.25037/pancaran.v9i4.310
Ambarsari, R. Y. (2021). Evaluasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di Kecamantan Bulukerto Wonogiri. Jurnal Mitra Swara Ganesha, 8(1), 28–35.
Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019, 56–60.
Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika pada Siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 5(2), 44–50. https://doi.org/10.26740/jpfa
Budiono, E., & Susanto, H. (2006). Penyusunan Dan Penggunaan Modul Pembelajaran Berdasar Kurikulum Berbasis Kompetensi Sub Pokok Bahasan Analisa Kuantitatif Untuk Soal-Soal DInamika Sederhana Pada Kelas X Semester I Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2), 354–359. https://doi.org/10.1139/y72-052
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3), 639–643. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005
Husain, M. S., Kendek, Y., & Fihrin, F. (2018). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Fluida Statis dan Penerapannya di Lingkungan Sekitar pada Siswa SMA Negeri 2 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6(1), 21. https://doi.org/10.22487/j25805924.2018.v6.i1.10015
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99–110.
Kusairi, S. (2013). Analisis Asesmen Formatif Fisika Sma Berbantuan Komputer. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(3), 68–87. https://doi.org/10.21831/pep.v16i0.1106
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315.
Lestari, A. S. (2013). Pembelajaran Multimedia. Jurnal Al-Ta’dib, 6(2), 84–98.
Lestari, N., Sutrisno, L., & Oktavianty, E. (2014). Remediasi miskonsepsi menggunakan multimedia interaktif guided discovery pada tekanan zat cair siswa smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 3(1), 1–8.
Miller, K., Lasry, N., Chu, K., & Mazur, E. (2013). Role of physics lecture demonstrations in conceptual learning. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 9(2), 1–5. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.9.020113
Mufidah, C. I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Hubungan Masyarakat Kelas X Apk 2 Di Smkn 10 Surabaya. Jurnal Administrasi Perkantoran, 2(2), 1–17.
Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(2), 155–165.
Nurjannah, N. (2017). Efektivitas Bentuk Penilaian Formatif Disesuaikan Dengan Media Pembelajaran. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(1), 75–90. https://doi.org/10.21009/parameter.291.08
Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932
Pamungkas, A., Djudin, T., & Arsyid, S. B. (2017). Remediasi kesulitan belajar fluida statis dengan model student facilitator and explaining di sman 8 pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 1–10.
Pratama, R. A., & Pratiwi, I. M. (2019). Hasil Belajara sejarah Indonesia Melalui Pembelajaran Akti Tipe Eveyone Is A Teaher Here Berdasarkan Kemandirian Belajar. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(1), 96–107.
Pratiwi, A., & Wasis, -. (2013). Pembelajaran Dengan Praktikum Sederhana Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Fluida Statis Di Kelas Xi Sma Negeri 2 Tuban. Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3), 117–120.
Puspita, W. I., Sutopo, S., & Yuliati, L. (2019). Identifikasi penguasaan konsep fluida statis pada siswa.Momentum: Physics Education Journal, 53–57. https://doi.org/10.21067/mpej.v3i1.3346
Ryan, Q. X., Frodermann, E., Heller, K., Hsu, L., & Mason, A. (2016). Computer problem-solving coaches for introductory physics: Design and usability studies. Physical Review Physics Education Research, 12(1), 1–17.
Sajadi, M., Amiripour, P., & Rostamy-Malkhalifeh, M. (2013). The Examinig Mathematical Word Problems Solving Ability under Efficient Representation Aspect. Mathematics Education Trends and Research, 2013, 1–11. https://doi.org/10.5899/2013/metr-00007
Samudra, G., Suastra, M., & Suma, M. (2014). Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Siswa SMA Di Kota Singaraja Dalam Mempelajari Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).
Saputri, D. E., Taqwa, M. R. A., Aini, F. N., Shodiqin, I., & Rivaldo, L. (2019). Pemahaman konsep mekanika: menentukan arah percepatan pendulum, sulitkah? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(1), 110–117. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.1134
Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672
Shodiqin, M. I., & Taqwa, M. R. A. (2021). Identification of student difficulties in understanding kinematics: focus of study on the topic of acceleration. Journal of Physics: Conference Series, 1918(2), 022016. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/2/022016
Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2017). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860
Taqwa, M. R. A., Faizah, R., & Rivaldo, L. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis POE dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Topik Fluida Statis. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 6–13. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i01.6284
Taqwa, M. R. A., & Taurusi, T. (2021). Improving conceptual understanding on temperature and heat through modeling instruction. Journal of Physics: Conference Series, 1918(5), 052054. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/5/052054
Taqwa, M. R. A., Zainuddin, A., & Riantoni, C. (2020). Multi representation approach to increase the students ’ conceptual understanding of work and energy Multi r epresentation approach to increase the students ’ conceptual understanding of work and energy. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/3/032090
Wulandari, S. P. (2016). Menciptakan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Discovery Learning dengan Assessment for Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 226–232.
Zakir, S. (2013). Modul Pembelajaran Berbasis Multimedia. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, 10(2), 6.
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37–45.
Zukhruf, K. D., & Khaldun, I. (2016). Remediasi Miskonsepsi Dengan Menggunakan Media. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 04(01), 64–78.