Manfaat Media Pembelajaran Edrawmind untuk Melatih Kreativitas Mahasiswa Fisika

Penulis

  • Sri Handayani Parinduri UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
  • Melati Sukma Sitompul Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
  • Putri Khoirul Jannah Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
https://doi.org/10.58466/intern.v1i2.1396

Kata Kunci:

edrawmind; kreativitas; metodologi pembelajaran fisika; mind map

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan manfaat media pembelajaran edrawmind dalam melatih kreativitas mahasiswa pada matakuliah metodologi pembelajaran fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tri-anggulasi (gabungan) berupa kajian pustaka dengan mengumpulkan data terutama data verbal melalui buku, artikel, catatan, dan berbagai literatur ilmiah lainnya. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa prodi tadris fisika. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester IV prodi tadris fisika pada mata kuliah metodologi pembelajaran fisika UIN Syahada Padangsidimpuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah menggunakan instrumen non tes dengan membandingkan kinerja kreatif dari mahasiswa sebelum dan sesudah mengenal media pembelajaran edrawmind. Hasil penelitian menunjukkan edrawmind dapat melatih kreativitas mahasiswa dalam membuat mind map. Hal tersebut ditunjukkan melalui mind map mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran edrawmind lebih kreatif dibanding tanpa menggunakan media pembelajaran edrawmind

Referensi

Danim, S. (2003). Riset Keperawatan Sejarah dan Metodologi. EDC: Jakarta.

Joyce, B., et al. (2009). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadameia Group.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suparno, P. (2013). Metodologi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

https://medpembelmatonline.blogspot.com/2018/05/membuat-mindmap-dengan-edraw-mind-master.html (diakses September 2022).

https://miunggulan-mbjabalulkhoir.sch.id/read/75/pembuatan-media-pembelajaran (diakses September 2022).

https://novemraharjo.blogspot.com/2013/12/edraw-mind-map.html (diakses September 2022).

https://salamadian.com/pengertian-media-pembelajaran/ (diakses September 2022).

https://www.edrawmind.com/ (diakses Oktoberr 2022).

https://www.psychologymania.com/2010/01/pengukuran-kreativitas.html (diakses Oktober2022).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-28

Cara Mengutip

Handayani Parinduri, S. ., Sukma Sitompul, M. ., & Khoirul Jannah, P. . (2024). Manfaat Media Pembelajaran Edrawmind untuk Melatih Kreativitas Mahasiswa Fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN ), 1(2), 64-72. https://doi.org/10.58466/intern.v1i2.1396

Terbitan

Bagian

Artikel