Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning pada Mata Pelajaran Fisika terhadap Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Lidia Uci A.Nababan Universitas Negeri Medan
  • M Azhari Zulmi Universitas Negeri Medan
  • Mia Jesica Sihombing Universitas Negeri Medan
  • Saima Putrini R Harahap Universitas Negeri Medan
https://doi.org/10.58466/intern.v2i1.1157

Keywords:

discovery learning;creative; active; innovative

Abstract

Education in Indonesia is now demanded to be even better in terms of student learning outcomes. Therefore this article was created with the aim of providing references related to learning models which in practice have been proven to improve student learning outcomes in schools. On this occasion the researcher only chose one learning model, namely Discovery Learning. Researchers conducted research using the meta-analysis method, which is an effort to summarize various research results by studying 6 data documents related to the use of Discovery Learning models published in national journals. The Discovery Learning learning model refers to students who are active and creative, because the Discovery Learning learning model expects each student to be able to master the learning material taught by educators. Because the learning model of Discovery Learning places more emphasis on students' direct experience and prioritizes the student learning process compared to the learning outcomes of these students

References

Afifah, Nur. Sulur.(2019).Pengaruh Pendekatan Saintifik pada Model Pembelajaran Discover Learning terhadap Kemampuan Menganalisis Materi Suhu dan Kalor Siswa Kelas XI MAN 1 Malang.Jurnal Riset Pendidikan Fisika,vol 4, no.1.

Al-Eben.Wirta,.Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa.Jurnal Luminous vol.3 no.1.hal 1.

Auliya,Wa Ode Nur.,NurlinaKhaeruddin.(2019).Implementasi Discovery Learning Berbantuan KIT Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.Jurnal Vidya Karya.

Azizah, Husnaul Nafilah,dkk.(2019).Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Usaha di SMP Negeri 3 Jember. Seminar Nasional Pendidikan Fisika.vol 4 no.1.

Haryadi,Rudi.,Rizal Mantofani.(2019).The Influence of Discovery Learning Model in Physics Learning.Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika.

Hasanah.Kiptiatul,. Nursalam.(2020).Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Terpadu MTS Miftahul Ulum Bantal.Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi.vol 7 no.2.

Iswadi Dwi Ayu.,Dwikoranto.(2015).Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis Di SMAN 1 Mojosari.Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika.

Maulida.Intan Nur, dkk.(2022).Pengaruh Media PhET dalam Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik.Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.vol 7,no.3.

Mebang Veronika, dkk.(2021).Pengaruh Respon Model Discovery Learning Berbasis Media Aplikasi Simply-Interactive terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa di SMAN 11 Samarinda.Jurnal Literasi Pendidikan Fisika.vol.2 no.1 halaman. 73-82.

Muhriyeh,dkk.Penerapan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa MAS RAUDHATUL ULUM MERANTI.

Nazarilia, Syafira.(2018).Peningkatan Hasil Belajar Fisika menggunakan Model Discovery Learning dengan Teknik Probing Prompting di SMA

Nenchi,Melfi.,Eko Swistoro,Eko Risdianto.(2017).Penngaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar.Jurnal Pembalajaran Fisika.

Nurfadillah,Windy Cahyana,Dian Pramana Putra.(2022).Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Flipbooks dalam Pembelajaran Fisika untuk Melatih Keterampilan Metakognisi Siswa SMAN 10 Gowa.Jurnal Pendidikan MIPA.

Nurul hidayah,Meissy Rizki.,Patricia H.M.Lubis,Muhammad Ali.Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Simulasi Phet terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa.Jurnal Pendidikan Fisika.

Pane,Januaris.,dkk.Effect of The Discovery Learning Model on Student Learning Outcomes on Heat Material.Jurnal Pendidikan Fisika

Rohim.Fathur,dkk.(2012). Penerapan Model Discovery Terbimbing pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Brfikir Kreatif.Unnes Physics Education Journal.

Sari,Endang Ratna.,Marungkil Pasaribu,Sahrul Saehana.(2013).Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Fisika pada Pokok Bahasan Kalor di SMP Negeri 2 Pamona Timur.Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika.

Sasingan,Mardince.,Alice Yeni Werawati Wote.(2022).Penggunaan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA.Journal For Lession and Learning Studies.

Sukmarani,Tiyas.,Wawan Bunawan.(2021).Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa.Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI).

Zulfah, Anis ,dkk.(2017).Implementasi Model Discovery Learning Disertai Lembar Kerja Siswa dalam Pembelajaran Fisika Siswa di SMA.Jurnal Pembelajaran Fisika vol.6 no.3.

Downloads

Published

2023-04-25

How to Cite

Uci A.Nababan, L. ., Azhari Zulmi, M., Jesica Sihombing, M. ., & Putrini R Harahap, S. (2023). Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning pada Mata Pelajaran Fisika terhadap Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN ), 2(1), 1-8. https://doi.org/10.58466/intern.v2i1.1157

Issue

Section

Artikel