Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam menciptakan wadah kreatifitas di SD 068004 Kota Medan

Penulis

  • Amelia Putrisari Universitas Sumatera Utara
  • Fajar Utama Ritonga Universitas Sumatera Utara
  • Mujahid Widian Saragih Universitas Sumatera Utara
https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i2.1105

Kata Kunci:

Merdeka Belajar-Free Campus, Education, creativity, creative and interactive learning, SD 068004 Medan

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menciptakan Wadah Kreativitas di SD 068004 Kota Medan”permalasahan yang terjadi adalah kurangnya kesadaran tentang menciptakan wadah kreatifitas siswa siswi di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan melakukan observasi di tempat pelaksanaan Program Kampus mengajar di tugaskan,yaitu SD 068004 simalingkar, Kec.medan Tuntungan. Teknik observasi berupa wawancara, dan dokumentasi.dengan melakukan observasi langsung di SD 068004, serta melakukan wawancara kepada guru pendidik serta siswa/siswi di SD 068004 Simalingkar, Kec. Medan Tuntungan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pendidikan adalah usaha dasar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar perserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritualkeagamaan,pengendalian diri,kepribadian,kecerdasan, akhlak mulia,serta keterampilan, yang diperlukan dirinya,masyarakat,dan negara. Sehingga di perlukan wadah bagi siswa siswi untuk menyalurkan minat dan bakat serta mengembangkannya guna melatih kreatifitas serta keterampilan dalam proses belajar di sekolah. Dengan adanya penelitian ini, peneliti berharap dapat meningkatkan kualitas belajar siswa/i di SD 068004 serta menciptakan wadah kreatifitas untuk siswa/i dapat berkembang.

Referensi

Kemendikbud. (2022). Buku Panduan Kampus Mengajar: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Replubik Indonesia.

Adhani, Hanifa, and Hasannah. “MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN WARNA.” MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN WARNA”, vol. 4, no. 1, 2017, p. 12. Journal.trunojoyo, . Accessed 13 agustus. 2023.

Dirlanudin. “Pengembangan Bakat Kreatifitas anak,” Vol. 10, No. 19, p. 14.Teknodik, . Accessed 25 September. 2023.

Serfiyanti, dan Ibrahim. “Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6Tahun di RA Azzahra Lampung Timur.” Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 11, No. 1,2022,p. 9. Journal.uny,.Accessed 25 september. 2023.

Fajar, dan Izzah. “UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE MENGGAMBAR DI DESA KARANGASEM KABUPATEN LAMONGAN.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, Vol. 1, No. 1, 2014, p. 7. Accessed 25 September. 2023.

Putrisari. Amelia. laporan harian kampus mengajar. Di SDN 068004 Simalingkar, Kec. Medan Tuntungan

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Putrisari, A., Utama Ritonga, F. ., & Widian Saragih, M. . (2023). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam menciptakan wadah kreatifitas di SD 068004 Kota Medan. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(2), 615-619. https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i2.1105

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama