Pendampingan Program Literasi Dan Numerasi Di SMP It Al-Inabah Ponorogo Tahun 2022

Penulis

  • Fitra Awalia Rahmawati Unversitas Darussalam Gontor
  • Defi Firmansah Universitas Darussalam Gontor
  • Dhafa Al Rochim Universitas Darussalam Gontor
  • Fadhilah Akbar Adayana Tsani Universitas Darussalam Gontor
https://doi.org/10.58466/literasi.v3i1.1203

Kata Kunci:

Program Literasi, Program Numerasi, Kampus Mengajar

Abstrak

Program Literasi sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah bagian dari Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022.  Sebagai salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar, penerjunan mahasiswa ke sekolah yang telah ditentukan ditujukan agar membantu proses pembelajaran di Sekolah. Obyek dari kegiatan ini adalah siswa SMP IT AL-INABAH PONOROGO yang beralamat di Jl. Harapan Jaya, Japan, Kec. Babadan, Kab. Ponorogo, Jawa Timur. Metode pelaksanaan pengabdian, melalui membuat sarana berbasis kreativitas mahasiswa, untuk diajarkan pada peserta didik. Literasi dan Numerasi tidak terbatas pada kegiatan baca tulis, melainkan menambah wawasan siswa dari segi kesenian, ketrampilan, dan pembelajaran berbasis teknologi seperti penggunaan komputer untuk mengetik serta lainnya. Program peningkatan literasi dan Numerasi adalah salah satu cabang dari kepentingan Adaptasi Teknologi, pembenahan Administerasi, serta  membantu pihak sekolah dalam proses mengajar. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah pelaksanaan beberapa kegiatan yang terintegrasi dengan Literasi dan Numerasi yakni sebagai berikut:  Pengadaan Taman baca, pojok Baca, pelatihan seni tari tradisional, pelatihan penjagaan kebersihan, dan kegiatan Joyfull Learning. Tujuan dari kegiatan di atas adalah menumbuhkan empati dan kepekaan sosial, Meningkatkan keterampilan dalam berpikir dan bekerjasama antar guru dan siswa, Pengembangan pengetahuan, jati diri, dan Keterampilan mahasiswa, meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.

Referensi

Arifin, M.Z. and Setiawan, A. (2020) ‘Strategi belajar dan mengajar guru pada abad 21’, Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2).

Asesmen, P. (2020) ‘Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan’, Desain Pengembangan Soal AKM [Preprint].

Baharuddin, M.R. (2021) ‘Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi)’, Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), pp. 195–205.

Noerbella, D. (2022) ‘IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI DAN NUMERASI PESERTA DIDIK’, Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), pp. 480–489.

Nurhasanah, A.D. and Nopianti, H. (2021) ‘Peran mahasiswa program kampus mengajar dalam meningkatkan kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah’, in SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, pp. 166–173.

Rachman, B.A. et al. (2021) ‘Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik melalui program kampus mengajar angkatan 2’, DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), pp. 1535–1541.

Rukajat, A. (2018) Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.

Sudaryanto, S., Widayati, W. and Amalia, R. (2020) ‘Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia’, Kode: Jurnal Bahasa, 9(2).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-01

Cara Mengutip

Awalia Rahmawati, F., Firmansah, D. ., Al Rochim, D. ., & Akbar Adayana Tsani, F. . (2023). Pendampingan Program Literasi Dan Numerasi Di SMP It Al-Inabah Ponorogo Tahun 2022. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(1), 379-385. https://doi.org/10.58466/literasi.v3i1.1203

Terbitan

Bagian

Artikel