Pelatihan Peningkatan Berbicara Bahasa Inggris Dengan Metode Audio Lingual

Penulis

  • Usman Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Medan
https://doi.org/10.58466/literasi.v1i2.1282

Kata Kunci:

Kehlian Bicara Bahasa Inggris; Metode Audio Lingual

Abstrak

Metode Audio Lingual (MAL) mengacu pada kompetensi belajar yang sangat besar pada kemampuan berbicara bahasa Inggris. Yayasan PPA Filadelpia Medan adalah yayasan pendidikan yang beriontasi terhadap kemajuan anak didik untuk menjadikan anak yang bermoral dan berprestasi. Yayasan ini juga menampung anak-anak masyarakat yang memiliki ekonomi yang lemah atau kurang mampu. Para guru yang mengajar anak-anak didik ini telah dilatih untuk menjadi guru yang memiliki jiwa holistik dan berinovasi. Para guru yang mengajar mata pelajaran bahasa Inggris dan non bahasa Inggris sangat termotivasi untuk belajar bahasa Inggris guna mengembangkan anak didik mereka. Pelatih kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berjiwa besar untuk mengembangkan yayasan ini melalui pelatihan berbicara bahasa Inggris kepada para guru dan pegawai yayasan. Hasil kunjungan sosialisasi menyimpulkan bahwa pelakasanaan kegiatan PKM ini dimulai dari bulan Mei 2021 hingga bulan Juli 2021 selama 12 kali dengan waktu pelatihan adalah 90 menit per pertemuan dengan jumlah 16 peserta dengan system cluster. Metode Audio Lingual (MAL) dengan kombinasi Screen Cast O Matic menjadi instrument untuk menjalankan pelatihan yang dilaksanakan dengan tatap muka dan belajar online.  Hasil observasi membuktikan bahwa di bawah jawaban dan hasil belajar melalui pendekatan metode audio lingual terdapat kecenderungan untuk termotivasi untuk belajar, berbicara bahasa Inggris dan menggali sumber dan informasi yang tersirat. Hal ini dibuktikan dengan pernyataan para responden untuk mempersiapkan mereka di pasar dunia yang harus penuh dengan kreativitas yang fleksibel, terarah, dan dicapai dengan kualitas tinggi

Referensi

Alghaberi, J. A. (2019). Methods for Teaching Speaking Skill At Thamar Schools and Their Impacts on Learners� Oral Competency. English Review: Journal of English Education, 7(2), 39. https://doi.org/10.25134/erjee.v7i2.1732

Alqahtani, A. Y., & Rajkhan, A. A. (2020). E-learning critical success factors during the covid-19 pandemic: A comprehensive analysis of e-learning managerial perspectives. Education Sciences, 10(9), 1–16. https://doi.org/10.3390/educsci10090216

Boonkit, K. (2010). Enhancing the development of speaking skills for non-native speakers of English. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 1305–1309. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.191

Perniss, P. (2018). Why we should study multimodal language. Frontiers in Psychology, 9(JUN), 1–5. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.01109

Saha, S., & Deb, S. (2020). BYOD Supported Multimodal Classroom Interaction. Procedia Computer Science, 167(2019), 1533–1542. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.03.364

Sukrianto, M., & Triono, L. (n.d.). Teaching & learning english. 1–115.

Sullivan, F. R. (2018). Multimodal Learning. Creativity, Technology, and Learning, 96–112. https://doi.org/10.4324/9781315765143-8

Suryana, I., Hidantikarnillah, V., & Ikmi Nur Oktavianti. (2020). Enhancing Students’ English Speaking Skills through Web-Based Teaching. Eduvelop, 3(2), 90–104. https://doi.org/10.31605/eduvelop.v3i2.601

Tampubolon sahlan, Usman, S., & Srisofian, S. (2018). The Effect of English Laboratory Use in Speaking Ability. International Journal of Research and Review, 5(9), 177–183.

v. M. buyanov. (1967). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 9(1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-25

Cara Mengutip

Sidabutar, U. (2021). Pelatihan Peningkatan Berbicara Bahasa Inggris Dengan Metode Audio Lingual. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 1(2), 147-155. https://doi.org/10.58466/literasi.v1i2.1282

Terbitan

Bagian

Artikel