Upaya Mahasiswa Kesejahteraan Sosial USU Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Seorang Anak Di Rumah Pintar YAFSI
Kata Kunci:
Anak, Percaya Diri, Individu, Kesejahteraan Sosial, InteraksiAbstrak
Anak yang menjalani keseharian bermain dengan teman seusianya, baik di sekolah, taman bermain dan belajar, rumah, akan meningkatkan rasa kepercayaan diri anak. Rasa percaya diri dalam hal mampu berinteraksi, mengemukakan pendapatnya dan berkomunikasi dengan baik, mengutarakan afirmasi positif atas diri sendiri dan teman seusianya, dan dapat menentukan suatu keputusan.Rasa percaya diri anak ini akan sangat dibutuhkan hingga mereka dewasa, dan akan meningkatkan rasa kemandirian anak. Namun dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan Kesejahteraan Sosial di Rumah Pintar YAFSI, penulis menemukan case individu anak, yang tidak percaya akan kemampuan yang dimiliki oleh individu tersebut. Sehingga penulis memberikan pendampingan dan memfasilitasi individu anak tersebut agar mampu mengembangkan diri, dan mampu meningkatkan rasa percaya diri, melalui memberikan suatu peran yang akan ditanggung jawab oleh individu tersebut. Dengan peran yang diberikan bertujuan untuk individu anak tersebut dapat mulai menentukan keputusan diri sendiri secara perlahan, dan mampu mengungkapkan hal yang dirasakan, sehingga semakin meningkatkan skill komunikasi, dan meningkatkan rasa percaya diri individu anak tersebut.
Referensi
Adzra, Agustina, & Wahyu. Pelaksanaan Metode Casework dalam Proses Pendampingan Klien di SKA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora Vol 2, 294. DOI:10.55123/abdisoshum.v2i3.1976.
Brown, L. (2019). Impact of Parental Communication on Child Development. New York: Child Development Press.
Fajar, Agus, & Mia. (2022). Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan 1&2. Medan : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.
Isbandi, A. (2019). Kesejahteraan Sosial (Pekerjaan, Pembangunan Sosial, dan Kajian Pembangunan). Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Kurniasih, Asep, & Yuliani. (2021). Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini melalui Kegiatan Jurnal Pagi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, 2252. DOI: 10.31004/obsesi.v5i2.1109.
Rifqi, Eni, & Ariq. (2022). Strategi Mengembangkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia Volume 01 : 56-57.
Riyanti, Darwis . 2020. Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Remaja Dengan Metode Cognitive Restructuring. JPPM, FISIP UNPAD.
Wahyu, & Hasbi. (2012). Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama. 245 - 258.8