Implementasi Literasi Guna Meningkatkan Kompetensi, Tulis Dan Hitung Siswa Di SDN 066045 Medan Helvetia
Kata Kunci:
PKL,Kampus Mengajar,Literasi,KompetensiAbstrak
Praktikum Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu mata kuliah yang harus diselesaikan oleh mahasiswa program Studi Kesejahteraan Sosial FISIP USU di bawah bimbingan dosen pembimbing yang terlatih dan berkualitas. PKL 1 bekerja sama dengan kegiatan MBKM Kampus Mengajar Mitra-USU yang mengharuskan mahasiswa terjun langsung ke sekolah yang menjadi Mitra-USU. Peran kampus mengajar sangat membantu guru dalam hal literasi Baca-Tulis Dan Numerasi Untuk Meningkatkan Kompetensi Baca, Tulis Dan Hitung Siswa/i di UPT SDN 066045 Medan Helvetia. Selama pelaksanaan program kampus mengajar ada beberapa permasalahan yaitu pembelajaran terkesan monoton, kaku dan didominasi oleh guru yang kurang menerapkan sistem pembelajaran yang bervariasi. Dengan demikian, perlu terobosan pembelajaran yang mampu membuat siswa aktif membaca-menulis bahkan berhitung. Program kampus mengajar ini tidak hanya bertujuan pada peningkatan literasi dan numerasi, namun program ini juga bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas sekolah baik dalam segi pembelajaran, administrasi, dan teknologi. Bantuan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran siswa/i sehingga menciptakan lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman untuk siswa /i belajar. Praktikum ini menggunakan metode CaseWork yang di kemukakan oleh Zastrow, sebagai berikut: Intake dan contract, Assessment, Perencanaan, Intervensi, Evaluasi, Terminasi. Hasil dari kegiatan praktikum ini bertujuan agar anak-anak di di SDN 066045 Medan Helvetia dapat memahami pembelajaran dengan baik.
Referensi
Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and psychological measurement, 45(1), 131-142. doi:10.1177/0013164485451012.
Arends, R. I., & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning becoming an accomplished teacher. New York, NY: Routledge.
Azwar, S. (2013). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Barber, M. & Mourshed, M. (2012). Profesional development international. New York, NY: Pearson.
Campbell, D. T., & Fiske, D. W. (1959). Convergent and discriminant validation by the multitrait-multimethod matrix. Psychological Bulletin, 56(2), 81-105. doi:10.1037/h0046016.
Cramer, D. (2003) Advanced quantitative data analysis. London: McGraw-Hill Education.
Diranna, K., Osmundson, E., Topps, J., Barakos, L., Gearhart, M., Cerwin, K., …, Strang, C. (2008). Asessment-centered teaching (A reflective practice). London: Sage.
Ermasari, G., Subagia, I. W., & Sudria, I. B. N. (2014). Kemampuan bertanya guru IPA dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 1-12. Retrieved from http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1111.
Feldt, L. S., & Brennan, R. (1989). Reliability. In R. L. Linn (Ed), Educational measurement (3rd ed.). New York, NY: Macmillan.