Meningkatkan Keterampilan Fungsional Melalui Membaca Dan Menulis Bagi Anak SD 060882

Penulis

  • Muniroh Rangkuti Universitas Sumatera Utara
  • Rahma Hayati Harahap Universitas Sumatera Utara
https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i2.1099

Kata Kunci:

Mitra USU, Membaca, Menulis, Pengabdian, Psikologis

Abstrak

Kegiatan Kampus Mengajar yang merupakan program dari Merdeka Belajar yang bertujuan untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu meningkatkan pendidikan di berbagai daerah. Salah satunya Universitas Sumatera Utara ikut dalam Program Kampus Mengajar yang nerupakan angkatan ke dua pada tahun 2023 ini. Lokasi penelitian yaitu di SD NEGERI 060882 yang ber lokasi di Jl. Abdullah Lubis No.2, Petisah Hulu. Adapun judul dari jurnal ini yaitu Meningkatkan Keterampilan Fungsional Anak SD melalui Membaca dan Menulis di SD 060882. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana proses pendidikan di SD tersebut, bagaimana sikap/psikologis anak di lingkungan Sekolah serta  menggambarkan proses perencanaan, pelaksanaan dan dampak pelaksanaan dari penelitian ini, agar  mengetahui berapa banyak siswa-siswi kelas 1, 2 dan 3 yang belum pandai membaca dan menulis dan apa saja faktor penyebab anak-anak belum bisa membaca dan menulis. Adapun hasil dari instrumen penelitian yaitu membuat Rencana Pelaksanaan Pendidikan (RPP) selama 4 bulan dari bulan Maret-Juni. Dan di lain RPP tersebut ada juga Modul yang di ajarkan kepada siswa-siswi kelas 1,2 dan 3.

Referensi

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Litersi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V Sd Kota Singaraja. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 269-283.

Dewi, D, A., Hamid, S, I., Annisa, F., & Octafianti, M. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa Melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnalbasicedu, 5(6), 5249-5257.

Saadati, B, A, & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151-164.

Hadiyati, Fakhurahan, dan Bambang Suroto. (2017). Pelatihan Manajemen Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Tenaga Pendidik Di SMP N 3 Kampar Kiri Tengah. DINAMISIA Jurnal Pengabdian Kepada masyarakat. 1(1), 122-128.

Widiyono, Aan., Saidatul Irfana, dan Kholida Firdausia. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metode Diktatik Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 16(2), 102-107

Wulanjani, Arum Nisma., Candradewi Wahyu Angraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Membaca Bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding Of Bioology Education. 3(1), 26-31

Kemendikbud. (2021). Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan 1. Jakarta : Kemendikbud

Aeni, A. N. (2010). Pendidikan Nilai Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1-12.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Rangkuti, M., & Hayati Harahap, R. . (2023). Meningkatkan Keterampilan Fungsional Melalui Membaca Dan Menulis Bagi Anak SD 060882. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(2), 596-600. https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i2.1099

Terbitan

Bagian

Artikel