Meningkatkan Kemampuan Membaca Sekolah Dasar di UPT SDN.060835 Medan Barat
Kata Kunci:
kampus merdeka, kemampuan membaca, sekolah dasarAbstrak
Kampus mengajar adalah satu program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dibuat oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) sehingga mampu mengadakan proses belajar mengajar yang efektif. Melalui program kampus mengajar,mahasiswa memiliki tanggung jawab dalam membantu kegiatan belajar mengajar, membantu administrasi sekolah yang menjadi tempat penugasan. Kampus mengajar mitra USU dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bagi mahasiswa, menambah pengalaman serta untuk menerapkan apa yang telah dipelajari sebelumnya. Penulis ditempatkan di SD Negeri 060835 jl. Sei deli no.3 kelurahan Silalas Kec. Medan barat. Pada pelaksanaan program ini penulis memfokuskan pada belajar membaca karena banyak murid yang di kelas atas yang masih belum bisa membaca. Dalam program ini metode yang digunakan adalah metode pekerjaan sosial yaitu group work. Hal ini dilakukan karna penulis berasal dari jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial.
Referensi
Aka Andri Kukuh, 2016, Model Kuantum Teaching Dengan Pendekatan Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKN, Universitar Nusantara Kediri.
BP Rahman Abd Dkk, 2022. Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Jurnal Alurwatul wutsa:kajian pendidikan islam. Vol.2.No 1. hal 2-3.
Harianto Erwin, 2020, Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Membaca
Irdawati, Dkk, 2019. Mmeningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media gambar kelas 1 di Min Buol. Vol. 5 no.4. hal 3-4.
Dispusipda, 2016 “15 manfaat membaca dalam kehidupan
Pramesti fitria, 2019, Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD, volum1 (hlm 284 – 289). Tulungagung : STKIP PGRI
Shofaussamawati, 2014, Menumbuhkan Minat Baca dengan Pengenalan Perpustakaan Pada Anak sejak Dini, STAIN Kudus
Patiung Dahlia, 2016, Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual, UIN Alauddin Makassar
Widianto Eko, Subyantoro, 2015, Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Klasifikasi menggunakan Metode SQ3R dengan media gambar, Universitas semarang