Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Pada Anak UPT SD Negeri 060841, Medan Petisah

Penulis

  • Puput Kritine Buulolo Universitas Sumatera Utara
  • Tuti Atika Universitas Sumater Utara
https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i2.1127

Kata Kunci:

PKL 1, Mewarnai, Motorik, Konsentrasi, Kampus Mengajar

Abstrak

Kampus Mengajar merupakan kanal pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama satu semester guna melatih kemampuan menyelesaikan permasalahan yang kompleks dengan menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pembelajaran, pengembangan strategi, dan model pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Program ini dibentuk oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang bertujuan agar memperbaiki sistem pendidikan yang ada di Indonesia.Perbaikan sistem pendidikan juga dimulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah pertama. Program yang akan dilaksanakan di UPT SDN 060841 adalah kegiatan meningkatkan kemampuan motoric halus melalui kegiatan mewarnai. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas serta untuk mengembangkan keterampilan gerak kedua tangan, Sebagai alat untuk mengembangkan koordinasi kecepatan tangan dengan gerakan mata. Sebagai alat untuk melatih penguasaan emosi. Konsep dasar kegiatan ini yaitu mewarnai seperti makhluk hidup,lingkungan dll. Anak juga dapat Mengekspresikan perasaan  dan melatih anak untuk belajar berkonsentrasi dan imajinasi. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas serta untuk mengembangkan keterampilan gerak kedua tangan, Sebagai alat untuk mengembangkan koordinasi kecepatan tangan dengan gerakan mata. Sebagai alat untuk melatih penguasaan emosi. Konsep dasar kegiatan ini yaitu mewarnai seperti makhluk hidup,lingkungan dll. Anak juga dapat Mengekspresikan perasaan  dan melatih anak untuk belajar berkonsentrasi dan imajinasi.

Referensi

Ariefky, Hafiz. Implementasi Program Literasi Alquran di Sekolah Dasar Swasta Islam Al-Amjad Kota Medan. Diss. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2020.

Batubara, Fauziah. Implementasi Kegiatan Meronce dengan Bahan Bekas Dalam Mengoptimalkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun Di Ra Hikmatul Basyiroh Kota Medan. Diss. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2021.

Fera, Dian, et al. "PROGRAM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN COVID-19 CARE (CHARITY, ACTION, REMINDER, EDUCATION) DI KELURAHAN GEDUNG JOHOR KOTA MEDAN." Jurnal Pengabdian Agro and Marine Industry 2.1 (2022): 14-22.

Khairuni, Zhilli Izzadati, et al. "Pendampingan Pembuatan Mural Edukasi sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar dengan Konsep Belajar dan Bermain." Jurnal Abdidas 2.3 (2021): 634-645.

Nawarda, Faizin, et al. "Evaluasi Implementasi Program Ekstrakurikuler Mewarnai Gambar Kelas 1-3 Sds Pah Tsung." JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT 10.3 (2022): 331-335.

Rasiman, Noviany Banne, et al. "Kegiatan Mewarnai sebagai Dukungan Psikologis Anak Didik di Masa Pandemi Covid-19 bersama Anak Sekolah Dasar di Dusun Ruva Bakubakulu, Kecamatan Palolo." Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) 6.2 (2023): 565-574.

Siregar, Nurdiana, Wiwik Lestari, and Nina Hastina. "KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR SWASTA FULL DAY SCHOOL DI MEDAN." PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR 2018. STKIP Bina Bangsa Getsempena, 2018.

Tiarawati, Elsa, Fani Kurnia Apriani, and Lulu Karomah. "Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Mewarnai di SDN Jatimulya I." Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 5.1 (2023): 1139-1144.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Kritine Buulolo, P. ., & Atika, T. . (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Pada Anak UPT SD Negeri 060841, Medan Petisah. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(2), 626-630. https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i2.1127

Terbitan

Bagian

Artikel