Efek Pembuatan Miniatur Bencana Alam dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan
Kata Kunci:
Miniatur bencana alam; kreativitas; fisika lingkungan.Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek pembuatan miniatur bencana alam dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa pada mata kuliah fisika lingkungan. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif menggunakan prosedur penelitian survey studi pustaka dan studi lapangan. Instrumen penelitian berupa tes kreativitas berbentuk essai berjumlah 5 dan lembar observasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester VII Prodi Tadris Fisika UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembuatan miniatur bencana alam mampu meningkatkan kreativitas mahasiswa pada mata kuliah fisika lingkungan.
Referensi
Conny R Semiawan. (2009). Kreativitas Kebebakatan. Jakarta: PT Indeks.
Hamdi, A., S., dan E. Bahruddin. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan.
Yogyakarta: CV Budi Utama.
Melinda, D. A. (2008). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IX pada Konsep Bioteknologi dengan Pendekatan CTL dan STM. Bandung: UPI.
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Munandar, U. (1992). Kreativitas & Keberbakatan; Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Ngalimun, Fadillah, H., & Ariani, H. (2013). Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Prasetiyo, A. D., Mubarokah, L., Pos, J. J. K., & Sidoarjo, K. (2014). Berpikir Kreatif Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Berdasar Masalah Matematika (Student’s Creative Thinking In The Application Of Mathematical Problems Based Learning). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(1).
Sanjaya, Wina. (2006). Stretagi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendikan. Jakarta: Kencana.
Parinduri, S., H. (2023). Pembuatan Miniatur Jembatan Hidrolik pada Mata Kuliah Fisika Sekolah. Gravity Journal, Vol 2 (2), Hal 25-30.
Supriadi, D. (1994). Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan IPTEK. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.