Analisis Konsep Fisika pada Kearifan Lokal Petik Laut Situbondo sebagai Sumber Belajar Fisika di SMA

Penulis

  • Aida Nurul Safitri Universitas Jember
  • Vidya Matarani Salma Universitas Jember
https://doi.org/10.58466/intern.v2i1.1164

Kata Kunci:

kearifan lokal; konsep fisika; petik laut

Abstrak

Kearifan lokal adalah pandangan hidup, pengetahuan, pemahaman dan kepercayaan serta kebiasaan yang dilakukan masyarakat lokal yang berwujud aktivitas. Kearifan lokal masyarakat Situbondo didefinisikan sebagai aktivitas yang dimiliki oleh masyarakat Situbondo yang telah terbukti terlestarikan sampai saat ini. Salah satu contohnya ialah tradisi petik laut. Tradisi petik laut adalah sebuah upacara tradisional atau ritual yang dilakukan dengan membuang sesajen ke tengah laut. Dalam tradisi petik laut banyak terdapat konsep-konsep fisika di dalamnya sehingga pengintegrasian kearifan lokal petik laut ke dalam pembelajaran fisika di SMA sangat diperlukan. Penelitian ini dirancang untuk menganalisis bahwa dalam tradisi petik laut terdapat konsep-konsep fisika yang dapat digunakan sebagai sumber belajar di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi literatur. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh dari tradisi petik laut dengan mengidentifikasi konsep–konsep fisika terutama pada konsep Hukum II dan III Newton, tekanan, hukum Archimedes dan gelombang. Dengan demikian, analisis konsep fisika pada tradisi petik laut dapat dijadikan alternatif sumber belajar fisika di SMA

Referensi

Dewi, Ida Ayu Komang Sintia, Luh Putu Sendratari, I Wayan Mudana. 2014. Pemertahanan Tradisi Budaya Petik Laut oleh Nelayan Hindu dan Islam di Desa Pekutatan, Jembrana–Bali. Artikel. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.

Giancolli, Douglas C. 2001. Fisika/Edisi Kelima, Jilid 1. Terjemahan: Yuhilza Hanum. Jakarta: Erlangga.

Hasanah, M. (2021). Upacara Adat Larung Sesaji di Pantai Kedung Tumpang Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung (Kajian Folklor). Pendidikan, Bahasa, Sastra, Dan Budaya Jawa II, 18(2), 1-25.

Hendri. 2021. Teknik Pendingan Dasar. Padang: UNP Press.

Ridlo, Z. R., Afafa, L., Ulfa, E. M., Dewi, M. A. P., dan Maimuna, S. (2021). Analisis Gelombang Air Laut dengan Menggunakan Pemodelan Berbasis Matlab. Cgant Journal Of Mathematics And Applications, 2(2).

Sarah, Siti dan Maryono. (2013), Pengembangan Perangkat pembelajaran Berbasis Potensi Lokal untuk Meningkatkan Living Values Siswa SMA di Kabupaten Wonosobo. Jurnal Teknologi Technoscience, 6, 185-19.

Sawiji, A., Mauludiyah dan Misbakhul Munir. 2017. Petik Laut Dalam Tinjauan Sains Dan Islam. AL-ARD: Jurnal Teknik Lingkungan, 2(2), 68-74.

Setiadi, K. 2019. Pengaruh Kearifan Lokal dan Kecerdasan Spiritual terhadap Perilaku Peserta Didik. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari, 4(1), 126-151.

Widiyawati, A. A. (2018). Tradisi Larung Sesaji Puger Untuk Membentuk Masyaraka Polisentris. Jantra., 13(2), 125-138

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-25

Cara Mengutip

Nurul Safitri, A., & Matarani Salma, V. . (2023). Analisis Konsep Fisika pada Kearifan Lokal Petik Laut Situbondo sebagai Sumber Belajar Fisika di SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN ), 2(1), 27-32. https://doi.org/10.58466/intern.v2i1.1164

Terbitan

Bagian

Artikel