Manfaat Canva untuk Melatih Kreativitas Pembuatan Mind Map Mata Kuliah Alat-Alat Ukur dan Instrumentasi

Penulis

  • Sri Handayani Parinduri UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
https://doi.org/10.58466/intern.v2i2.1171

Kata Kunci:

canva; alat-alat ukur dan instrumentasi fisika; mind map.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan manfaat canva yakni untuk melatih kreativitas pembuatan mind map mahasiswa fisika. Canva merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya membuat desain secara online. Dalam mengakses canva, pengguna dapat menggunakan ponsel, komputer, laptop, maupun tablet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tri-anggulasi (gabungan) berupa kajian pustaka dengan mengumpulkan data terutama data verbal melalui buku, artikel, catatan, dan berbagai literatur ilmiah lainnya. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa prodi tadris fisika. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester V prodi tadris fisika pada mata kuliah alat-alat ukur dan instrumentasi fisika UIN Syahada Padangsidimpuan. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui manfaat canva adalah tes praktik pembuatan mind map. Hasil penelitian menunjukkan canva dapat melatih kreativitas mahasiswa dalam membuat mind map

Referensi

Danim, S. 2003. Riset Keperawatan Sejarah dan Metodologi. EDC: Jakarta.

Joyce, B., et al. 2009. Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kristanto, P. 2022. Alat Ukur dan Teknik Pengukuran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadameia Group.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Zulherman. 2021. Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian & Pembelajaran di Pendidikan Dasar . Jurnal Volume 5 Nomor 4 Tahun 2021 Halaman 2384-239(https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1237/pdf)

file:///C:/Users/User/Downloads/1665-Article%20Text-2712-1-10-20211031.pdf (diakses 15 Maret 2023).

http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/104261/101751(diakses 15 Maret 2023).

http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/Jabdimas/article/view/986/782 (diakses 20 Maret 2023).

http://eprints.unm.ac.id/19185/1/03.%20Media%20Pembelajaran%20Audio%20Visual%20Berbasis%20Aplikasi%20Canva.pdf (diakses 20 Maret 2023).

http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354/5361# (diakses 18 Maret 2023).

https://anyflip.com/maikw/rqqg (Ratih Febriyanti, ST. Materi Ajar desain grafis) (diakses 20 Maret 2023).

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237 (diakses 16 Maret 2023).

https://pembangunansosial.fisipol.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/1145/2021/04/Panduan Media-Pembelajaran-Daring-by-KAPSTRA.pdf (diakses 18 Maret 2023).

https://salamadian.com/pengertian-media-pembelajaran/ (diakses 16 Maret 2023).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-30

Cara Mengutip

Handayani Parinduri, S. . (2023). Manfaat Canva untuk Melatih Kreativitas Pembuatan Mind Map Mata Kuliah Alat-Alat Ukur dan Instrumentasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN ), 2(2), 51-61. https://doi.org/10.58466/intern.v2i2.1171

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama