Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Gerai Es Teh Indonesia Di Kota Serang
Kata Kunci:
Bauran Pemasaran, Minat beli ulang, Es Teh IndonesiaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli ulang konsumen dan faktor yang paling berpengaruh terhadap minat beli ulang konsumen konsumen Gerai Es Teh Indonesia di Kota Serang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah produk, harga, lokasi, promosi, orang, fasilitas fisik dan proses. Semua variable ini adalah sebagai variable independen. Sedangkan variable minat beli,sebagai variable dependen. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online dan telah diisi oleh 100 responden. Jumlah responden yang digunakan adalah 30 responden dengan kriteria pernah membeli dan mengkonsumsi minuman Es Teh Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling, metode pengambilan sampel non probabilitas yang digunakan adalah judgemental sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisa Statistik Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Semua variabel bauran pemasaran secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat beli ulang minuman Es Teh Indonesia dengan tingkat signifikansi 0,066 yang lebih besar dari taraf nyata 0,05. Sedangkan variabel bauran pemasaran yang paling berpengaruh terhadap minat beli ulang konsumen Gerai Es Teh Indonesia di Kota Serang adalah jenis produk yang ditawarkan yaitu dengan nilai = -0,176.
Referensi
Algifari. 2000. Analisis regresi: Teori, Kasus, dan Solusi (2nd ed.). Yogyakarta: BPFE.
Asyik MN, Hubeis M, Muhandri T. 2019. Prospek Pengembangan Minuman Teh dalam Kemasan Merek Teh Asyik Berbasis Atribut Produk. Manajemen IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah Vol 14(2), 109-117.
Badan Pusat Statistik. 2020. Statistik Teh Indonesia 2020. Jakarta: www.BPS.go .id. Diakses tanggal 05 April 2021.
Bungin B. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.
Cooper DR, Schindler PS, 2006. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT Media Global Edukasi.
Food Review Indonesia. 2010. Referensi Industri dan Teknologi Pangan “Snack Today”. Jakarta: Behn Meyer Kimia.
Ghozali I. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.
Hellier PK, Geursen, GM, Carr RA and Rickard JA. 2003. Customer repurchase intention: A general structural equation model. Journal of Marketing, 37(1), 11-12.
Kotler P. 2000. Marketing Management. (10th ed.). New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Kotler P. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran. (Imam Nurmawan, Trans). Jakarta: Erlangga.
Kotler P, Keller K. 2007. Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT. Indeks: Jakarta.
Kuncoro M. 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
Listiorini. 2019. Yuk, Cobain 5 Minuman yang Lagi Hits dan Kekinian di 2020 Ini. diakses tanggal 05 April 2021. https://bacaterus.com/minuman-yang-lagi-hits/.
Malhotra NK. (2004). Marketing research: An applied orientation (4th ed.). New Jersey: Pearson
Maryana S, Permatasari B. 2021. Pengaruh Promosi dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung) Jurnal TECHNOBIZ Vol. 4(2), 62-69.
Rohdiana D. 2015. Teh: Proses, Karakteristik & Komponen Fungsionalnya. Food Review Indonesia Vol. 10(8), 34-37.
Umar H. 2005. Metode penelitian. Jakarta: Salemba Empat.
Widodo P. 2010. Hubungan Antara Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Minuman Teh dalam Kemasan. CEFARS: Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah Vol 2(1), 1-13