PENGGUNAAN PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA UNTUK SISWA KELAS 8 DI SMPI DARUDDA’WAH PUNGGUR

Penulis

  • Nursa'adah Nursa'adah Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Dewi Ismu Purwaningsih Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Alvina Yolanda Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
https://doi.org/10.58466/adidaya.v1i3.1622

Kata Kunci:

Teka-Teki Silang, Permainan, Pembelajaran, Kosa Kata

Abstrak

Nursa’adah, 2024. Penggunaan Permainan Teka-Teki Silang dalam Pembelajaran Kosakata untuk Siswa Kelas 8 SMPI Darudda’wah Punggur Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat Kubu Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yang melibatkan satu kelas dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh permainan teka-teki silang terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas 8 SMPI Darudda’wah Punggur Kabupaten Kubu Raya. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest and posttest, subjek penelitian adalah siswa kelas 8 SMPI Darudda’wah, berjumlah 16 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar untuk mengukur penguasaan kosakata bahasa Inggris dengan penerapan metode teka-teki silang. Hasil analisis menunjukkan bahwa penilaian pre-test memperoleh nilai rata-rata 58,13, nilai maksimum 70, nilai minimum 40, dan standar deviasi 10,468, sedangkan penilaian post-test memperoleh nilai rata-rata 66,88, nilai maksimum 80, nilai minimum 50, dan standar deviasi 7,042. Berdasarkan hasil uji t berpasangan, nilai sig yang diperoleh adalah 0,006 < 0,05, dan nilai T hitung 3,217 > 1,745, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media teka-teki silang secara signifikan meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas 8 SMPI Darudda’wah Punggur.

Referensi

Rogers, Richard G, et al. “Mortality attributable to cigarette smoking in the United States”. Population and Development Review 31.2 (2005): 259-292.

Syaodih Sukmadinata.2012.Education Research Methods. Bandung. PT. Rosdakarya Teenager.

Sugiono, S. Ihamuddin, I. & Rahmawan, A. (2014). Clustering of Indonesia disabled students based on background history and studying performance. Indonesia journal of disability studies, 1(1),20-26.

Enung Nuraeni; Elpena Team. (2010). Indonesia smart book for class 4.5 & 6 SD. Jakarta: PT Wahyumedia

Edwards, S.& Bensch, S. (2009). Looking forwards or looking backwards in avian phylogeographya? A comment on zink and Barrowclough 2008-2009.

Foote, A.L. & crystal, J.D.(2007). Metacognition in the rat. Current Biology, 17(6), 551-555.

Younger, P.(2009). Langenscheidt Routledge Dictionary of Business, Commerce and Finance. English-German/German-English. Reference Reviews, 23(1), 29-30.

Syaodih Sukmadinata.2012.Education Research Methods. Bandung. PT. Rosdakarya Teenager.

Usman, M. Daud, W.W.& Abbas, H.F.(2015). Dry reforming of methane : influence of process parameter – A review. Renewable and sustainable energy reviews, 45, 710, 744.

Utami, y. (2014). The impact of hospitalization on child development. WIDYA scientific journal, 2(2),9-20.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-01

Cara Mengutip

Nursa’adah, N., Ismu Purwaningsih, D. ., & Yolanda, A. . (2024). PENGGUNAAN PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA UNTUK SISWA KELAS 8 DI SMPI DARUDDA’WAH PUNGGUR. ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(3), 55-59. https://doi.org/10.58466/adidaya.v1i3.1622

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama