ANALYSIS ON TEACHERS' DIFFICULTIES IN ASSESSING STUDENTS’ ATTITUDES IN ONLINE CLASS

Penulis

  • Rismawati Rismawati Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Dewi Ismu Purwaningsih Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
https://doi.org/10.58466/adidaya.v1i1.1468

Kata Kunci:

kesulitan guru, penilaian sikap, kelas online

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian sikap apa saja yang dilakukan guru mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA Swasta Pontianak barat dan untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dihadapi guru mata pelajaran Bahasa Inggris dalam mengembangkan penilaian sikap di SMA Swasta Pontianak barat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Bahasa Inggris, dengan wali kelas X dan guru Bimbingan Konseling sebagai penunjang. Teknik pengumpulan data ialah menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 12 guru menggunakan teknik observasi yang meliputi penilaian sikap spiritual dan penilaian sikap sosial dalam melaksanakan penilaian sikap siswa pada masa pembelajaran daring. Terdapat 3 kesulitan yang dialami guru yaitu (1) Tidak adanya interaksi secara langsung (tatap muka) antara pendidik dan peserta didik (2) Tidak semua siswa memiliki handphone android guna menunjang keberhasilan dalam menilai sikap siswa pada saat proses pembelajaran (3) Kesulitan mengembangkan kriteria penilaian sikap, yakni tanggungjawab peserta didik terhadap tugas yang diberikan guru, disiplin akan mengumpulkan tugas tepat waktu dan taat peraturan sekolah yaitu dengan tidak meninggalkan kelas (absen).

Referensi

Ahmad, I.F. (2020). Alternative Assessment In Distance Learning In Emergencies Spread Of Coronavirus Disease (Covid-19) In Indonesia. Jurnal Pedagogik, Vol. 7, No. 1.

Baidhowi, M.R. (2018). Instrumen Penilaian Sikap Sosial. Journal of Islamic Religious Education, Vol.II, No. 1.

Brown, H.D. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practices. United States of America: Longman.

Lunenberg, M., Dengerink, J., and Korthagen, F. (2014). The professional teacher educator: Roles, behaviour, and professional development of teacher educators. Springer Science & Business Media.

Mania, S. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Makasar : Alaudin University Press

Miles, M.B. Hubarman and Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third. Ed. United States of America: SAGE Publication, Inc. Edition. New York: State University of New York Genesco.

Ramdhayani, E. et. al. (2020). Analisis Penilaian Sikap Siswa Biologi Selama Pembelajaran Daring Pada Era Tatanan Baru. Jurnal Pendidikan MIPA, Vol. 10. No.2

Retnawati, H., Hadi, S., & Nugraha, A. C. (2016). Vocational High School Teachers’ Difficulties in Implementing The Assessment in Curriculum 2013 in Yogyakarta Province of Indonesia. Internasional journal of instruction, 9(1), 33-48.

Rigianti, H.A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, Vol. 7, No. 2.

Ruslan and Fitrah, M. (2021). Eksplorasi Sistem Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 di Bima. Jurnal Basicedu, vol. 5, No. 1.

Salamah, U. (2018). Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan. Evaluasi, Vol. 2, No. 1.

Ulumudin, I., & Fujianita, S. (2019). The implementation of attitude assessment in Curriculum 2013 at elementary schools. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 23(1), 46-56.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-02

Cara Mengutip

Rismawati, R., & Ismu Purwaningsih, D. . (2024). ANALYSIS ON TEACHERS’ DIFFICULTIES IN ASSESSING STUDENTS’ ATTITUDES IN ONLINE CLASS. ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(1), 15-18. https://doi.org/10.58466/adidaya.v1i1.1468

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama