https://jurnal.politap.ac.id/index.php/adidaya/issue/feed ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan dan Sosial Budaya 2024-04-22T00:00:00+00:00 Muh Anhar adidaya@politap.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Aplikasi Pendidikan dan Sosial Budaya </strong>(<strong>ADIDAYA</strong>) adalah jurnal nasional berbahasa Indonesia versi online yang diterbitkan oleh Pengelola Jurnal Politeknik Negeri Ketapang. ADIDAYA juga mengundang para akademisi dan peneliti di bidang ilmu pendidikan,agama,budaya,ilmu sosial ,ekonomi,bahasa indonesia dan bahasa inggris,ilmu pemerintahan,hukum,ekonomi, untuk mengirimkan artikelnya. Artikel yang akan dimuat merupakan karya yang orisinil dan belum pernah dipublikasikan. Artikel yang masuk akan direview oleh tim reviewer yang berasal dari internal maupun eksternal.</p> https://jurnal.politap.ac.id/index.php/adidaya/article/view/1435 DESAIN PERKULIAHAN BAHASA INDONESIA BERBASIS HOTS (HINGER ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MAHASISWA VOKASI 2024-01-18T08:10:03+00:00 Degita Danur Suharsono danur@polije.ac.id <p>Pendidikan vokasi bertujuan menyiapkan mahasiswa yang berkompeten dalam disiplin ilmu yang dipilih. Sebagai upaya untuk mencapai tujuan tersebut, sistem perkuliahan mahasiswa vokasi memadukan pengetahuan, keterampilan, dan etika dengan menitikberatkan pada praktek dibandingkan teori. Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah wajib umum (MKWU) di perguruan tinggi yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa. Mahasiswa vokasi membutuhkan sistem perkuliahan berbasis Hinger Order Thinking Skills (HOTS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, analitis, dan kreatif sebagai upaya persiapan memasuki dunia kerja. Oleh karena itu, perlu dikembangkan desain perkuliahan bahasa Indonesia berbasis HOTS bagi mahasiswa vokasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain perkuliahan bahasa Indonesia berbasis Hinger Order Thinking Skills (HOTS) untuk mahasiswa vokasi. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan. Makalah ini memaparkan hasil pengembangan produk berupa desain perkuliahan bahasa Indonesia berbasis HOTS untuk mahasiswa vokasi. Hasil penelitian pengembangan ini berupa Rencana Pembelajaran Semester yang meliputi capaian pembelajaran, materi pembelajaran, scenario pembelajaran, dan rencana tugas mahasiswa. Dengan demikian, hasil penelitian pengembangan ini dapat digunakan sebagai pilihan desain perkuliahan bahasa Indonesia untuk mahasiswa vokasi.</p> 2024-04-22T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/adidaya/article/view/1446 PENGARUH PENJUALAN ADAPTIVE, KAPABILITAS RELASI, KETERAMPILAN MENJUAL TERHADAP KINERJA TENAGA PENJUALAN 2024-01-25T09:02:24+00:00 Febiana Putri Ardela febianaputriardela19@gmail.com Maria Augustine Graciafernandy racefernandy@gmail.com Maria Augustine Graciafernandy gracefernandy@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penjualan adaptif, kapabilitas relasi, dan keterampilan menjual terhadap kinerja tenaga penjualan dalam konteks bisnis. Metode kuantitatif digunakan dengan menyebar kuesioner kepada 100 responden yang merupakan tenaga penjualan. Penjualan adaptif diukur oleh tingkat kemampuan tenaga penjualan dalam menyesuaikan strategi penjualan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Kapabilitas relasi dinilai berdasarkan kemampuan dalam membangun dan menjaga hubungan yang kuat dengan pelanggan. Sementara itu, keterampilan menjual diukur melalui kemampuan berkomunikasi, membangun relasi yang baik dengan pelanggan. Dalam penelitian ini melakukan pengumpulan data melalui kuisioner google form dan analisis data menggunakan SPSS versi 26 yang meliputi Analisa deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji signifikasi menggunakan uji t, uji f, dan uji R2. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial yaitu, penjualan <em>adaptive </em>(X1)<em>,</em> kapabilitas relasi (X2), dan keterampilan menjual (X3) berpengaruh terhadap kinerja tenaga penjualan (Y)</p> 2024-04-01T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c)