ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan dan Sosial Budaya https://jurnal.politap.ac.id/index.php/adidaya <p><strong>Jurnal Aplikasi Pendidikan dan Sosial Budaya </strong>(<strong>ADIDAYA</strong>) adalah jurnal nasional berbahasa Indonesia versi online yang diterbitkan oleh Pengelola Jurnal Politeknik Negeri Ketapang. ADIDAYA juga mengundang para akademisi dan peneliti di bidang ilmu pendidikan,agama,budaya,ilmu sosial ,ekonomi,bahasa indonesia dan bahasa inggris,ilmu pemerintahan,hukum,ekonomi, untuk mengirimkan artikelnya. Artikel yang akan dimuat merupakan karya yang orisinil dan belum pernah dipublikasikan. Artikel yang masuk akan direview oleh tim reviewer yang berasal dari internal maupun eksternal.</p> id-ID adidaya@politap.ac.id (Muh Anhar) adidaya@politap.ac.id (Aan) Fri, 01 Aug 2025 00:00:00 +0000 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 KEKERASAN SEKSUAL SEBAGAI JARIMAH: STUDI KOMPARATIF ANTARA HUKUM JINAYAT DAN HUKUM POSITIF INDONESIA https://jurnal.politap.ac.id/index.php/adidaya/article/view/1847 <p>Kekerasan seksual merupakan bentuk kejahatan yang merusak martabat dan hak asasi manusia, serta berdampak luas secara sosial dan psikologis. Dalam hukum Islam, kekerasan seksual dikategorikan sebagai jarimah dengan sanksi yang tegas, tergantung pada bentuk dan tingkat keparahannya. Di sisi lain, hukum positif Indonesia juga telah memberikan perhatian serius melalui pengesahan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS). Artikel ini bertujuan untuk membandingkan pendekatan hukum jinayat dan hukum positif Indonesia dalam menangani kekerasan seksual, baik dari sisi konseptual, unsur-unsur pidana, proses pembuktian, maupun bentuk sanksi</p> Syahnan Habibi Nasution, Ryan Fahri Rangkuti, Taufik Hidayat Batubara, Azri Azhad Azizan S. Meliala, Ikhwan Hakim Hak Cipta (c) 2025 ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan dan Sosial Budaya https://jurnal.politap.ac.id/index.php/adidaya/article/view/1847 Thu, 31 Jul 2025 00:00:00 +0000 PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENCEGAH PENYELEWENGAN MORAL: STUDI KASUS DI KALANGAN SISWA SEKOLAH DASAR https://jurnal.politap.ac.id/index.php/adidaya/article/view/1893 <p>Selain kemampuan kognitif yang dimiliki oleh seorang siswa, karakter positif dan moral juga merupakan hal yang sangat penting dan harus dimiliki serta diterapkan oleh siswa dikehidupannya sehari-hari. Mengingat di era seperti ini, konflik yang berkaitan dengan karakter dan moral siswa cukup mudah ditemui. Tentu kondisi seperti ini bukanlah keingginan semua pihak, baik itu keluarga, sekolah, bahkan pemerintah. Hal ini bukan semata-semata untuk menciptakan karakter baik pada siswa, melainkan untuk membentuk generasi muda yang bertahan didalam kehidupan bermasyarakat tanpa merugikan dirinya sendiri maupun orang lain. Tentunya dunia pendidikan lah yang diberikan kepercayaan serta tanggung jawab oleh semua pihak agar mampu mengatasi hal tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk menganalisis adanya peran pendidikan karakter dalam mengatasi dan mencegah konflik serta penyimpangan moral di lingkungan siswa sekolah dasar. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus merupakan teknik penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini. Di mana peneliti hanya fokus pada fenomena dan konflik yang terjadi di lingkungan sekitar, melalui proses pengumpulan data berupa observasi dan analisis dokumen yang relevan. Sehingga hasil yang diperoleh menjelaskan bahwa peran pendidikan karakter sangat memengaruhi dalam pembetukan perilaku moral pada siswa sekolah dasar. Di mana nilai-nilai karakter, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan empati terbukti cukup efektif dalam mencegah dan mengatasi adanya permasalahan terkait penyimpangan moral. Keterlibatan lingkungan orang tua dan sekolah yang positif juga sangat mempengaruhi dalam memperkuat pendidikan karakter melalui implemetasinya di kehidupan siswa. Diharapkan temuan ini bisa ikut andil dalam pengembangan kurikulum pendidikan, yang berfokus pada pembentukan dan pengimplementsian nilai-nilai karakter baik bagi siswa sekolah dasar.</p> Naeny Mahesty, Anita Dwi Lestari, Elisa Novita Fiky Megantari, Beny Dwi Lukitoaji Hak Cipta (c) 2025 ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan dan Sosial Budaya https://jurnal.politap.ac.id/index.php/adidaya/article/view/1893 Thu, 31 Jul 2025 00:00:00 +0000 INTEGRASI BERPIKIR ALGORITMIK DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN LITERASI ICT DI PENDIDIKAN TINGGI https://jurnal.politap.ac.id/index.php/adidaya/article/view/1850 <p>Di era digital, literasi Information and Communication Technology (ICT) menjadi keterampilan penting yang harus dimiliki mahasiswa agar mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Literasi ini tidak hanya mencakup kemampuan menggunakan perangkat digital, tetapi juga kemampuan berpikir kritis, logis, dan sistematis. Salah satu pendekatan yang relevan untuk mendukung pengembangan literasi ICT adalah berpikir algoritmik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi berpikir algoritmik dalam strategi pembelajaran literasi Information and Communication Technology (ICT) di pendidikan tinggi. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif terhadap berbagai sumber literatur ilmiah. Hasil kajian menunjukkan bahwa berpikir algoritmik dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah digital, menganalisis data, serta merancang solusi secara logis. Integrasi ini juga membantu mahasiswa memahami teknologi secara mendalam dan menjadi pengguna yang reflektif. Namun, tantangan tetap ada, seperti keterbatasan kurikulum dan minimnya pelatihan dosen. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi pembelajaran interdisipliner yang mendorong pengembangan pola pikir terstruktur dalam penguatan literasi Information and Communication Technology (ICT).</p> Dwikalsum Dwikalsum, Yahfizham Yahfizham Hak Cipta (c) 2025 ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan dan Sosial Budaya https://jurnal.politap.ac.id/index.php/adidaya/article/view/1850 Thu, 31 Jul 2025 00:00:00 +0000 DEMOKRASI DI TENGAH TANTANGAN KEMAJEMUKAN BANGSA INDONESIA https://jurnal.politap.ac.id/index.php/adidaya/article/view/1844 <p>Indonesia merupakan negara dengan tingkat kemajemukan budaya, etnis, dan agama yang sangat tinggi. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai laboratorium sosial dalam penerapan demokrasi di masyarakat multikultural. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana kondisi demokrasi dijalankan dalam konteks keberagaman yang kompleks, serta menelaah tantangan dan strategi yang dapat diterapkan untuk memperkuat demokrasi yang inklusif di Indonesia. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif, yang mengumpulkan dan menganalisis sumber-sumber ilmiah seperti buku, jurnal, dan artikel akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa demokrasi dan multikulturalisme merupakan dua konsep yang saling terkait erat dalam membentuk tatanan sosial dan politik yang adil. Namun, pada pelaksanaannya demokrasi di Indonesia masih menghadapi tantangan serius, seperti politik identitas, diskriminasi terhadap kelompok minoritas, serta konflik sosial berbasis perbedaan budaya atau agama. Untuk itu diperlukan langkah konkret berupa pendidikan multikultural yang menanamkan nilai toleransi dan penghargaan terhadap keberagaman, kebijakan afirmatif yang menjamin representasi yang adil, serta penguatan dalam dialog antar agama dan budaya. Selain itu, media dan teknologi informasi juga berperan dalam strategis dalam membentuk opini publik dan memperkuat nilai-nilai demokrasi multikultural. Penelitan ini menegaskan bahwa demokrasi yang berhasil di Indonesia tidak sekedar demokrasi prosedural, melainkan demokrasi yang substansial serta mampu mengakomodasi pluraritas masyarakat dan membangun kehidupan berbangsa yang inklusif, damai, dan berkeadilan.</p> Dyah Hanna Rahmawati, Happri Novriza Setya Dhewantoro Hak Cipta (c) 2025 ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan dan Sosial Budaya https://jurnal.politap.ac.id/index.php/adidaya/article/view/1844 Thu, 31 Jul 2025 00:00:00 +0000 PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENURUNAN KUNJUNGAN KONSUMEN DI PASAR TRADISIONAL PUD KOTA MEDAN https://jurnal.politap.ac.id/index.php/adidaya/article/view/1901 <p>Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam perilaku belanja masyarakat, khususnya melalui kemunculan platform e-commerce yang menawarkan kemudahan, kecepatan, dan efisiensi. Fenomena ini berdampak signifikan pada pasar tradisional yang mengalami penurunan jumlah kunjungan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perkembangan e-commerce terhadap intensitas kunjungan konsumen di pasar tradisional di bawah naungan PUD Pasar Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, di mana data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen aktif yang pernah berbelanja di pasar tradisional. Instrumen yang digunakan telah diuji validitas dan reliabilitasnya.</p> <p>Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial, termasuk uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan perkembangan e-commerce terhadap penurunan intensitas kunjungan konsumen, yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,004 (&lt; 0,05). Temuan ini mengindikasikan bahwa kemudahan akses, variasi produk, serta promosi digital dari e-commerce mendorong perubahan preferensi belanja masyarakat. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman pergeseran perilaku konsumen di era digital serta menjadi acuan bagi pengelola pasar tradisional dan pemerintah daerah dalam merancang strategi adaptasi dan inovasi berbasis digital, agar pasar tradisional tetap kompetitif dan relevan.</p> Palma Juanta, Eykel Agitha Kembaren, Bendedict Jery Alfa Hutabarat, Theodorus Saga Mo Lewio Dachi, Akbar Sumantri, Mertfil Efrat Freditus Tampubolon Hak Cipta (c) 2025 ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan dan Sosial Budaya https://jurnal.politap.ac.id/index.php/adidaya/article/view/1901 Thu, 31 Jul 2025 00:00:00 +0000 ANALISIS TANTANGAN YANG DIHADAPI OLEH SISWA DI SMPI DARUDDA'WAH PUNGGUR KECIL, KALIMANTAN BARAT, DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS https://jurnal.politap.ac.id/index.php/adidaya/article/view/1915 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengkaji tantangan yang dihadapi oleh siswa kelas IX SMPI Darudda’wah dalam pembelajaran Bahasa Inggris selama tahun ajaran 2023. Penelitian ini juga bertujuan untuk merumuskan strategi pembelajaran yang efektif guna meningkatkan motivasi dan minat siswa terhadap mata pelajaran tersebut. Pendekatan penelitian kualitatif digunakan dalam studi ini, dengan melibatkan observasi kelas, wawancara dengan siswa, dan analisis dokumen yang relevan. Lima siswa kelas IX berpartisipasi dalam wawancara yang berfokus pada pemahaman mereka terhadap materi, serta motivasi dan minat mereka dalam belajar Bahasa Inggris. Temuan menunjukkan adanya perbedaan tingkat pemahaman, motivasi, dan antusiasme di antara siswa. Faktor-faktor yang memengaruhi termasuk rasa cemas, kurangnya rasa percaya diri, dan tekanan dari kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini mengidentifikasi kegiatan pembelajaran yang praktis, peningkatan peran guru, dan penyesuaian kurikulum sebagai strategi yang menjanjikan untuk mendukung dan meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris di SMPI Darudda’wah Punggur Kecil.</p> Nizarrahmadi Nizarrahmadi, Reneldy Al ghazali Hak Cipta (c) 2025 ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan dan Sosial Budaya https://jurnal.politap.ac.id/index.php/adidaya/article/view/1915 Thu, 31 Jul 2025 00:00:00 +0000 PENTINGNYA MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK USIA DINI DI ERA DIGITAL https://jurnal.politap.ac.id/index.php/adidaya/article/view/1926 <p>Era digital yang dicirikan dengan perkembangan teknologi data yang sangat cepat, anak usia dini menghadapi tantangan baru dalam perkembangan nilai-nilai moral serta sosial. Pendidikan karakter penting menjadi landasan pembentukan kepribadian anak yang utuh semenjak usia dini. Penelitian ini menyoroti urgensi integrasi pengembangan moral di dalam struktur kurikulum bagi anak prasekolah untuk menghasilkan eksklusif yang berakhlak, andal, dan bertanggung jawab dalam menghadapi imbas digitalisasi. Paparan terhadap konten digital tanpa pendampingan yang memadai berpotensi menurunkan sensitivitas sosial, menumbuhkan sikap instan, dan melemahkan empati anak. Oleh karena itu, pendekatan pendidikan karakter yang adaptif terhadap tantangan era digital diharapkan, termasuk melalui integrasi nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, toleransi, serta pemanfaatan media digital secara bijak. Hasil kajian ini keselarasan antara keluarga, sekolah, dan warga menghasilkan lingkungan yang mendukung pembentukan karakter positif anak semenjak usia dini.</p> Rizqina Anjarwati, Nina Kumalasari, Abdurrahman Asy'ari, Beny Dwi Lukitoaji Hak Cipta (c) 2025 ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan dan Sosial Budaya https://jurnal.politap.ac.id/index.php/adidaya/article/view/1926 Thu, 31 Jul 2025 00:00:00 +0000