PENAMPILAN SISWA PADA SIMPEL PRESENT TENSE MENGGUNAKAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS VIII MTA MAMBAUL ULUM KUBU PADI

Penulis

  • Maryunah Maryunah Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Nizarrahmadi Nizarrahmadi Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
https://doi.org/10.58466/adidaya.v1i2.1496

Kata Kunci:

Pengajaran Simple Present Tense, Permainan Ular dan Tangga

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana meningkatkan keterampilan siswa dalam bermain permainan ular tangga menggunakan tata bahasa simple present tense dalam bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah sekelompok 16 siswa kelas VIII A MTs Mambaul Ulum tahun ajaran 2021/2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa di kelas dalam menggunakan permainan ular tangga dalam tata bahasa Inggris simple present tense. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tes yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan data kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam belajar bahasa Inggris dengan menggunakan metode permainan ular tangga. Nilai rata-rata Initial pre-test adalah 57.91. Nilai rata-rata Cycle 1 pre-test adalah 68.75, sedangkan rata-rata Cycle 2 post-test adalah 77.29. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata dan skor Cycle 2 post-test lebih baik dari skor Initial pre-test dan skor Cycle 1 pre-test. Persentase siswa pada hasil Initial pre-test yang mendapat nilai 70 atau lebih adalah 3 siswa. Persentase siswa pada hasil Cycle 1 pre-test yang memperoleh nilai 70 atau lebih adalah 8 siswa. Sedangkan persentase siswa pada hasil Cycle 2 post-test yang mendapatkan nilai 70 ke atas adalah 14 siswa. Dengan kata lain, kemampuan siswa dalam menguasai grammar sangat baik pada pertemuan pertama hingga pertemuan berikutnya.

Referensi

Amin, M. L., Sulistyorini, S., & Sugianto. (2020). The Increase of Students Science Cognitive using Snake Ladder Media. Journal of Primary Education, 9(1), 68-74.

Buckby, M. (2006). Game for Language Learning. New York : Cambridge University Press.

Effendi, M. S., Rokhayati , U., & Rachman, U. A.-M. (2017). A Study on Grammar Teaching at an English Education Department in an EFL Context. International Journal on Studies in English Language and Literature (IJSELL), 5(1), 42-46.

Hadfield, J. D. (2007). Elementary communication snake and ladder games problem in speaking ability. England: Longman.

Khasinah, S. (2013). Classrom Action Research. Jurnal Pionir , 1 (1), 108.

Kusrini, E. (2012). Teaching vocabulary to young learner by using snake and ladder game. Journal Active, 21(4), 1-9.

Matondang, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Program Pascasarjana Unimed.

Meliani, B. D., & Nasir, M. (2016). Penentuan pola kalimat bahasa inggris pada simple present tense menggunakan metode bottom up parasing. Integer Jurnal , 1 (1), 10.

Mujib, F., & Rahmawati, N. (2011). Metode permainan-permainan. Edukatif dalam pembelajaran bahasa Inggris dan arab. Jogjakarta: Diva press.

Richard, J. C. (2006). Communicative language teaching today, New York, NY: Cambridge University Press.

Suryani, A., & Rosa, R. N. (2014). Using A board game "Snake and Ladder" In Teaching Speaking At Junior High School. JELT, 2(2), 17-24.

Taslim, F. (2015). Improving Students’ Mastery on Simple Present Tense Through Climbing Grammar Mountain Game. Al-Ta'lim Journal, 23(2), 146-155.

Toago, A. P., Usman, S., & Mukrim. (2013). The Ability Of Students To Apply Simple Present Tense In Descriptive Text. e-Journal of English Language Teaching Society (ELTS) , 1 (2), 2.

Utari, A. R. (2019). Student Grammar And Sentence Structure Of The Texts Written In Paragraph Writing Class. PROMINENT Journal , 2 (1), 119.

Williams, J. D. (2005). The Teacher’s Grammar Book. London: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-16

Cara Mengutip

Maryunah, M., & Nizarrahmadi, N. (2024). PENAMPILAN SISWA PADA SIMPEL PRESENT TENSE MENGGUNAKAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS VIII MTA MAMBAUL ULUM KUBU PADI. ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(2), 1-5. https://doi.org/10.58466/adidaya.v1i2.1496

Terbitan

Bagian

Artikel