Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Penyajian Data Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar

Penulis

  • Luh Gede Made Dinda Widari Universitas Terbuka
  • Mar'atus Sholihah Universitas Al-Falah Assunniyah Jember
  • Saima Putrini R Harahap Politeknik Negeri Ketapang

Abstrak

Permasalahan rendahnya restasi belajar Matematika yang dicapai murid kelas V di SD Negeri 1 Banjar Anyar, khususnya pada topik penyajian data, mendorong dilaksanakannya tindakan perbaikan melalui inovasi dalam strategi pembelajaran. Tujuan dari PTK tersebut guna mengoptimalkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan pendekatan PBL, yang difokuskan pada peningkatan keaktifan siswa selama kegiatan belajar mengajar. Metode tersebut dipilih karena dinilai mampu menstimulasi partisipasi aktif, mengasah keterampilan berpikir logis, serta mendorong siswa menghadapi serta mampu mengatasi permasalahan yang sesuai dengan realitas kehidupan siswa. Melalui strategi ini, siswa diharapkan mampu memahami konsep penyajian data serta menunjukkan peningkatan dalam capaian hasil belajar dan keaktifan. Penelitian ini melibatkan 28 peserta didik kelas V SD Negeri 1 Banjar Anyar, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan melalui triangulasi teknik dan sumber, dengan analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Proses penelitian berlangsung dalam dua siklus. Siklus I memperlihatkan rata-rata nilai siswa sebesar 78,75 dengan tingkat ketuntasan 64,3%. Setelah perbaikan pembelajaran siklus II, rata-rata nilai siswa naik menjadi 89,64 dengan tingkat ketuntasan mencapai 96,4%. Pencapaian ini telah melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu rata-rata 70 dan ketuntasan klasikal 80%. Penerapan PBL memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar Matematika pada materi penyajian data.

Kata kunci: hasil belajar, penyajian data, PBL

Referensi

Abdillah, I. (2023). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal ARSEN, 8(2), 112–119.

Agnafia, D. N. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 2(4), 298–303.

Agnafia, R. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 45–52.

Arends, R. I. (2021). Learning to Teach (10th ed.). McGraw-Hill Education.

Dewi, N. L. P. S., Putra, I. G. N. A., & Astuti, M. R. (2017). Penelitian Tindakan Kelas: Konsep dan Penerapan. Yogyakarta: Deepublish.

Fitriani, D., & Susanto, H. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 105–113.

Hidayat, R., & Utami, S. (2020). Penerapan Model PBL dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 65–72.

National Council of Teachers of Mathematics. (2020). Principles and Standards for School Mathematics. NCTM.

Rahayu, T., & Lestari, D. (2020). Peran Pembelajaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 7(1), 43–49.

Siregar, A. (2021). Penyajian Data dalam Penelitian dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Akademik.

Sudjana, N. (2020). Penilaian Hasil Belajar Siswa: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Surya, Y. F. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Sains dan Teknologi, 8(1), 45–50.

Suyanto. (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah dalam Konteks Kehidupan Sehari-hari. Yogyakarta: Deepublish.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Gede Made Dinda Widari, L. ., Sholihah, M., & Putrini R Harahap, S. (2025). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Penyajian Data Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN ), 4(1), 29-38. Diambil dari https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1843

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama