Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMAN 11 Medan dan SMAS Imelda Medan pada Materi Fluida Statis
Kata Kunci:
fluida statis, pemahaman konsepAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa SMA di dua sekolah yaitu SMA Negeri 11 Medan dan SMA Swasta Imelda Medan pada materi fluida statis. Metode yang digunakan adalah analisis deskripsi. Data diambil dari masing-masing sekolah sebanyak 10 siswa pada kelas XI. Instrumen berupa 10 butir soal tes berbentuk pilihan berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa pada materi fluida statis di SMA Negeri 11 Medan tergolong cukup dengan nilai rata-rata 47, sedangkan di SMA Swasta Imelda Medan tergolong cukup dengan nilai rata-rata 52. Pada sekolah SMA Negeri 11 Medan siswa memiliki kesulitan pada bahasan tentang defenisi fluida statis dan bahasan gaya apung dalam hukum archimedes dan pada sekolah SMA Swasta Imelda Medan siswa memiliki kesulitan pada bahasan tentang gaya apung dalam konteks fluida statis
Referensi
Adisna, Q. D. P. P., Wahuni, A., & Suyudi, A. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Fisika Siswa Pada Pokok Bahasan Fluida Statis. Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajarannya (JIFP), 3(2), 68–75. https://doi.org/10.19109/jifp.v3i2.4632
Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ashadarini, W., Yuliati, L., & Supriana, E. (2017). Penguasaan Konsep Materi Fluida Statis Siswa SMAN 3 Blitar. Seminar Nasional Pendidikan IPA …, 340–344. https://core.ac.uk/download/pdf/267023966.pdf
Kurniawan, R. V. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Topik Fluida Statis. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 67–73. https://doi.org/10.51878/teaching.v3i1.2165
Ozcan, O., & Gercek, C. (2015). What are the pre-service physics teachers’ opinions about context based approach in physics lessons?. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 197, 892-897.
Rizal Wicaksono, S., Bukifan, D., & Kusairi, S. (2019). Pemahaman Konsep Fluida Statis Siswa SMA dan Kesulitan yang Dialami. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 7(1), 23–26. https://doi.org/10.21831/jpms.v7i1.22380
Sakti, I., Puspasari, Y. M., & Risdianto, E. (2012). Pengaruh model pembelajaran langsung (Direct Instruction) melalui media animasi berbasis macromedia flash terhadap minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 10(1), 1-10.
Sofiuddin, M. B., Kusairi, S., & Sutopo. (2018). Analisis Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(7), 955–961. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/