Pengaruh Program Bimbingan Belajar terhadap Prestasi Akademik Anak‑anak di Panti Asuhan Yayasan Berkat Kasih

Penulis

  • Palma Juanta Universitas Prima Indonesia
  • Diki Ferdianto S. Universitas Prima Indonesia
  • Stephani Della Christin Zai Universitas Prima Indonesia
  • Prasetya Amal Dinata Universitas Prima Indonesia
  • Raditia Sumana Universitas Prima Indonesia
  • Vera Friska Telaumbanua Universitas Prima Indonesia

Kata Kunci:

bimbingan belajar, prestasi akademik, panti asuhan, quasi‑eksperimen, pretest‑posttest

Abstrak

Anak‑anak di panti asuhan sering kali kekurangan layanan bimbingan belajar yang konsisten, sehingga berdampak pada prestasi akademik mereka. Penelitian ini menggunakan desain quasi‑eksperimen dengan kelompok eksperimen (n=10) dan kontrol (n=10), melakukan pretest‑posttest pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. Analisis paired‑sample t‑test menunjukkan peningkatan skor signifikan pada kelompok eksperimen (Matematika: t(9)=4,21; p<0,01; Bahasa Indonesia: t(9)=3,87; p<0,01), sedangkan kelompok kontrol tidak menunjukkan perubahan bermakna (p>0,05). Temuan ini menegaskan efektivitas program bimbingan belajar dalam meningkatkan prestasi akademik anak‑anak di panti asuhan.

Referensi

Cohen, J. (1992). A power primer. Psychological Bulletin, 112(1), 155–159. https://doi.org/10.1037/0033-2909.112.1.155

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.

Field, A. (2018). Discovering statistics using IBM SPSS statistics (5th ed.). SAGE Publications.

Kraft, M. A., & Falken, G. T. (2021). A blueprint for scaling tutoring and mentoring across public schools. EdWorking Paper No. 21-430.

https://www.edworkingpapers.org/sites/default/files/ai21-430.pdf

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Nickow, A., Oreopoulos, P., & Quan, V. (2020). The impressive effects of tutoring on PreK–12 learning: A systematic review and meta-analysis of the experimental evidence (NBER Working Paper No. 27476). National Bureau of Economic Research. https://doi.org/10.3386/w27476

Pratama, Y., & Sari, R. (2023). Optimalisasi Motivasi Belajar Anak Panti Asuhan Melalui Pendekatan Konseling Kelompok. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 45–53.

Sari, D. P., & Widodo, A. (2022). Model Pendampingan Pendidikan Bagi Anak Yatim Di Desa X: Studi Kasus. Jurnal Pendidikan Masyarakat, 4(2), 89–97.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sulistyaningsih, E., & Kurniawati, F. (2019). Permasalahan Psikososial Anak Panti Asuhan Dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(2), 123–130.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Juanta, P., Ferdianto S., D., Della Christin Zai, S. ., Amal Dinata, P. ., Sumana, R., & Friska Telaumbanua, V. (2025). Pengaruh Program Bimbingan Belajar terhadap Prestasi Akademik Anak‑anak di Panti Asuhan Yayasan Berkat Kasih. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN ), 4(1), 8-18. Diambil dari https://jurnal.politap.ac.id/index.php/intern/article/view/1849

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama