Penggunaan GeoGebra dalam Upaya Peningkatan Minat Siswa SMA dalam Pembelajaran Matematika Materi Program Linear

Penulis

  • Aisyah Fitri Hidayani Sagala Universitas Negeri Medan
  • Maulida Rahmi Sagala Universitas Negeri Medan
https://doi.org/10.58466/intern.v2i1.1162

Kata Kunci:

GeoGebra, Pembelajaran, Program Linear

Abstrak

Program linear merupakan salah satu materi yang dipelajari oleh siswa SMA. Materi tersebut merupakan salah satu materi yang sering dipandang cukup sulit untuk dipahami oleh siswa, karena pada dasarnya program linear merupakan cara untuk memperoleh hasil optimal dari suatu model matematika yang disusun dari hubungan linear. Siswa sering mengalami kendala dalam memahami langkah-langkah pencarian himpunan penyelesaian dari sebuah permasalahan program linear tersebut. Oleh karena itu, sebagai upaya meningkatkan minat siswa terhadap materi program linear, dalam paper ini dibahas penggunaan GeoGebra sebagai media pembelajaran matematika yang dapat digunakan dalam rangka membantu siswa SMA dalam memahami materi program linear. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan quasi eksperimen (eksperimen semu), dengan populasi seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan dan sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak dua kelas dari kelas XI IPA, yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas Eksperimen I dan XI IPA 3 sebagai kelas Eksperimen II. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan cara non-tes berupa instrumen angket untuk mengetahui minat siswa pada kedua kelas sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Sehingga diperoleh rata-rata skor N-Gain diperoleh sebesar 0,47 yang mana jika diinterpretasikan ke dalam klasifikasi, maka rata-rata peningkatan motivasi belajar matematika siswa pada uji coba ini berada dalam kategori “sedang”. Dengan GeoGebra, siswa dapat melihat visualisasi dari persamaan linear yang diperoleh serta himpunan penyelesaiannya. Dengan melihat visualisasinya, diharapkan siswa dapat lebih tertarik pada pembelajaran matematika, khususnya materi program linear

Referensi

Alfiatus, S., Hardi, S., & Dwijanto. (2017). Optimasi Keuntungan Pakaian Dengan Algoritma Titik Interior (Studi Kasus Pada Pd. Sido Mumbul). UNNES: Journal of Mathematics 6 (1). 2252-6943.

Syahbana, A. (2016). Belajar Menguasai GeoGebra (Program Aplikasi Pembelajaran Matematika). Palembang: NoerFikri Offset

Badu, A, K & Astri, U. (2017). Penggunaan Program Geogebra dan Casyopee dalam Pembelajaran Geometri Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Mercumatika 1(2), 2548-1819

Djadir, I, M, dkk. (2017). Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 Mata Pelajaran/Paket Keahlian Matematika Bab VII Program Linear. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan

Syahputra, E. (2015). Program Linier. Medan: Unimed Press

Fadjar, N, H., Muh T, H. (2016). Modul Guru Pembelajaran Pemanfaatan Aplikasi Geogebra untuk Pembelajaran Matematika (Dasar). Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Hui, X. (2016). Using Mathematical Software in High School Math Class: A Case Study. International. Journal of Information and Education Technology, 6(12).

Jurotun. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model PBL- STAD berbantuan Geogebra Materi Program Linier Kelas XI MIPA. Jurnal Matematika Kreatif - Inovatif. Kreano, 8 (1), 35-46.

Faradisa, M., Sulistio Z., Yeni, A. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra pada Pembelajaran Matematika Materi Poligon dan Sudut Sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Siswa, 1(2).

Syahputra, E & Utami, D, R. (2019). The Design of IQF-oriented ARCS-based learning model. Journal of Physics: Conference Series.

Syahrid, K., Edi, S., Mara, B. (2019). Development of Geogebra Learning Media on Realistic Approach to Improve Spatial Ability Student. American Journal of Educational Research, 7(10), 737-741.

Syamsa, F., Edi, S., Hermawan, S. (2019). Blended Learning Rotation Model Of Cognitive Conflict Strategy To Improve Mathematical Resilience In High School Students. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(12).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-25

Cara Mengutip

Fitri Hidayani Sagala, A., & Rahmi Sagala, M. . (2023). Penggunaan GeoGebra dalam Upaya Peningkatan Minat Siswa SMA dalam Pembelajaran Matematika Materi Program Linear. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN ), 2(1), 17-26. https://doi.org/10.58466/intern.v2i1.1162

Terbitan

Bagian

Artikel