MENGAJAR BERBICARA BAHASA INGGRIS DENGAN DIALOG UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DARUDDA'WAH

Penulis

  • Atiya Masrurah Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Alvina Yolanda Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Dewi Ismu Purwaningsih Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
https://doi.org/10.58466/adidaya.v1i3.1628

Kata Kunci:

Metode dialog, Studi Kuasi-Eksperimental, Keterampilan Berbicara dalam Bahasa Inggris.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan metode dialog dalam pengajaran berbicara bahasa Inggris pada siswa kelas IX di SMP Darudda'wah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Penelitian ini dilakukan di SMP Darudda’wah Punggur Kecil. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang berjumlah 11 siswa dan kelompok kontrol yang berjumlah 10 siswa. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang melaksanakan pembelajaran dengan metode dialog, sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang melaksanakan pembelajaran tanpa metode dialog. Berdasarkan hasil uji-t terhadap data posttest kelas eksperimen dan kontrol dengan taraf signifikansi 0,05%, thitung > ttabel (2,689 > 1,812), maka dapat disimpulkan bahwa pada kelompok eksperimen terdapat perbedaan dalam pembelajaran bahasa Inggris. berbicara antara sebelum dan sesudah perawatan. Artinya metode dialog efektif dalam pengajaran berbicara bahasa Inggris.

Referensi

Blasius Manek Koes, (2023) Increasing the ability of XII A-1 SMAN-3 Atambua students to speak English through dialogue in pairs, English education journal.

Cecep Maulana, Iin Almeina Lubis & Ramadhani Ramadhani, (2019) English conversation using the dialogue method, Tanjung balai.

Dini Amelia & Dadang Dwi Basuki, (2022) English learning dialogue text material for 3rd grade elementary school students in the city of Karawang. scientific journals.

Doorvin Doorvina, (2021) Strategy; Journal of strategic innovation and learning models.

Melia Nova, (2022) Application of dialogue to improve the speaking skills of class X MA Darussalam Beremi students, UIN Mataram.

Mentari Pratami & Erniyanti Nur Fatahhela Dewi, (2023) The Success Of Using Dialogue To Develop Speaking Skills.

Setiadi Aljani, (2021) Proceedings of the Subang National Education Seminar (SENDINUSA).

Yusrah, (2023) Strategy is an aspect of speaking techniques using dialogue.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-01

Cara Mengutip

Masrurah, A. ., Yolanda, A. ., & Ismu Purwaningsih, D. (2024). MENGAJAR BERBICARA BAHASA INGGRIS DENGAN DIALOG UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DARUDDA’WAH. ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(3), 48-50. https://doi.org/10.58466/adidaya.v1i3.1628

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama