Edukasi Penggunaan BLU BCA Account For Teens: Literasi Keuangan Digital Untuk Pelajar Remaja

Kata Kunci:
Literasi keuangan digital, BLU BCA digital, Edukasi keuangan, Perbankan digital, Siswa sdAbstrak
Perkembangan teknologi digital telah mendorong perubahan dalam sistem keuangan, termasuk layanan perbankan yang kini dapat diakses oleh remaja. Salah satu inovasi dalam literasi keuangan digital adalah penggunaan BLU BCA Digital for teens, yang memungkinkan remaja belajar mengelola keuangan secara mandiri. Program KKN ini dilaksanakan di SDN 2 Sanur Kaja dengan tujuan memberikan edukasi kepada siswa kelas 6 mengenai pentingnya literasi keuangan digital serta cara menggunakan BLU BCA Digital For Teens secara bijak. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah edukasi interaktif, yang melibatkan penyampaian materi, demonstrasi penggunaan aplikasi BLU BCA Digital, serta sesi diskusi dan tanya jawab. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa memiliki antusiasme tinggi dalam memahami konsep perbankan digital dan pentingnya pengelolaan uang. Dengan pendekatan yangmenarik dan sesuai dengan usia mereka, edukasi ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang fitu-fitur BLU BCA, seperti pembuatan rekening digital, pencatatan transaksi, dan keamanan bertransaksi online. Selain itu, peran guru dan orang tua juga berpengaruh dalam mendukung pemahaman siswa terhadap konsep literasi keuangan digital. Edukasi ini membuktikan bahwa literasi keuangan digital sejak dini sangat penting untuk membentuk kebiasaan keuangan yang baik, sehingga siswa lebih siap dalam mengelola keuangan di masa depan.
Referensi
R. Suarantalla, J. Aliyah, and A. L. Tryana, “Melangkah ke Era Digital: Sosialisasi Literasi Keuangan untuk Transaksi Non Tunai,” Parta J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 82–89, 2023.
D. H. Perkasa, S. Purwanto, M. Ariani, N. Vitriani, and R. D. Parashakti, “Literasi Keuangan Untuk Siswa SMKN 16 Jakarta Pusat,” ABDI MOESTOPO J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 7, no. 1, pp. 109–116, 2024.
P. D. Panjaitan et al., “Edukasi Literasi Keuangan Digital Bagi Umkm Dalam Pengembangan Wisata Pantai Pariskabupaten Simalungun,” J. Pengabdi. Masy. Sapangambei Manoktok Hitei, vol. 3, no. 2, pp. 132–138, 2023.
L. N. Nasution, D. P. Nasution, and A. Novalina, “Edukasi Literasi Keuangan Digital pada Siswa SMAN 7 Medan,” J. Pengabdi. Mandiri, vol. 1, no. 9, pp. 1821–1828, 2022.
I. S. Purba, A. Fiyanto, H. A. Suprapto, and D. M. Vernia, “Penguatan Literasi Keuangan Untuk Siswa Smp Nurul Hikmah Bekasi,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 1245–1248, 2022.
K. J. A. Sudharma and N. L. M. Juniari, “Peningkatan Partisipasi Siswa dalam Pemilahan Sampah Melalui Penerapan Zero Waste,” GERVASI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 7, no. 2, pp. 532–540, 2023.
N. N. Ramadanti, M. Islami, A. Saypullah, P. Aprian, M. Safei, and T. Hidayah, “Pelatihan dan Peningkatan Literasi Finansial bagi Siswa SD Negeri Serdang Wetan Kecamatan Legok Kabupaten Tangerang,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. AMPOEN, vol. 1, no. 3, pp. 226–232, 2024.
A. Syathiri, I. Asngari, Y. H. Putri, F. Widyanata, and H. Wahyudi, “Peningkatan Literasi Keuangan Digital Syariah Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Raudhatul Ulum Desa Sakatiga Kecamatan Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir,” BEGAWI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 17–20, 2023.
S. Sumardi and P. Habibi, “Pelatihan Literasi Keuangan untuk Gen Z di SMK,” El-Mujtama J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 83–92, 2022.
D. Damanik et al., “Sosialisasi Literasi Keuangan Dan CBP Rupiah Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Simalungun,” J. Pengabdi. Masy. Sapangambei Manoktok Hitei, vol. 3, no. 1, pp. 49–54, 2023.
K. J. A. Sudharma and P. A. S. Putra, “Sosialisasi Bahaya Sampah Bagi Lingkungan Kepada Siswa Sekolah Dasar,” GERVASI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 7, no. 2, pp. 541–548, 2023.