Literasi Keuangan Bagi Karyawan Generasi Z
Kata Kunci:
Financial Literacy, Generation Z, Financial, EmployeeAbstrak
Generasi Z, yang merupakan kelompok individu yang lahir antara pertengahan 1990-an hingga awal 2010-an, memiliki tanggung jawab yang semakin besar dalam mengelola keuangan mereka guna meraih tujuan finansial yang kokoh. Pengetahuan tentang manajemen keuangan yang baik menjadi kunci utama dalam memastikan kelangsungan kesejahteraan finansial pada masa depan. Menyadari bahwa pilihan keuangan yang diambil pada usia muda akan memiliki dampak jangka panjang, Generasi Z dihadapkan pada tugas penting untuk memahami konsep tabungan, investasi, dan pengeluaran yang bijak. Tujuan yang ingin dicapai dari Kegiatan Pengabdian Masyarakat adalah memberikan edukasi bagi para karyawan muda agar dapat mengelola keuangannya dengan baik. Kegiatan ini akan dilakukan oleh Tim Dosen UMS dengan metode ceramah dan diskusi dengan para karyawan muda, gen Z. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang manajemen keuangan, karyawan generasi Z dapat menghindari jebakan finansial dan meraih kesejahteraan finansial yang lebih baik di masa depan.
Referensi
Akmal, H., & Saputra, Y. E. (2016). Analisis tingkat literasi keuangan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(2), 235-244.
OJK. (2021). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021 – 2025. Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia.
Rosa, I., & Listiadi, A. (2020). Pengaruh literasi keuangan, pendidikan keuangan di keluarga, teman sebaya, dan kontrol diri terhadap manajemen keuangan pribadi. Jurnal Manajemen, 12(2), 244-252.
Saputra, Dany. (2021, 17 Desember). BPS: Indonesia Alami Masa Keemasan Bonus Demografi, Tapi. Dikutip 14 Maret 202 dari https://ekonomi.bisnis.com/read/20211217/9/1478624/bps-indonesia-alami-masa-keemasan-bonus-demografi-tapi.
Yushita, A. N. (2017). Pentingnya literasi keuangan bagi pengelolaan keuangan pribadi. Nominal Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 6(1), 11-26.