Meningkatkan Keterampilan Literasi Baca Tulis Pada Anak Melalui Pojok Baca di SD Negeri 060884

Penulis

  • Christin Debora Purba Universitas Sumatera Utara
  • Rahma Hayati Harahap Universitas SUmatera Utara
https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i2.1098

Kata Kunci:

Literasi, Proyek Kecil, Praktik Kerja Lapangan I

Abstrak

Literasi merupakan salah satu aspek penting yang harus diterapkan di sekolah dasar. Yang mana melalui kegiatan literasi membaca siswa akan terbiasa membaca dan menambah informasi siswa. Kegiatan literasi ini juga mempunyai manfaat untuk menambah minat dan bakat dalam diri peserta didik sejak usia dini. Karena sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Budaya literasi yang tertanam dalam diri peserta didik dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan dan kemampuan peserta didik untuk memahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif. Di masa sekarang ini, anak-anak cenderung lebih tertarik bermain handphone daripada membaca sama halnya dengan siswa dan siswi di SD Negeri 060884. Oleh karena itu, dibutuhkan bantuan untuk meningkatkan minat literasi mereka dalam hal membaca dan menulis. Proses pemberian bantuan tersebut pun dilakukan pada kegiatan mini project PKL I, dengan menggunakan metode casework yang terdiri dari Kontrak Intake Penugasan, Penilaian, Perencanaan/Perencenaan, Intervensi, Evaluasi, Penghentian. Adapun fokus dari proses penyelesaian masalah klien adalah memberikan mereka beberapa buku-buku cerita anak-anak yang layak untuk mereka baca yang mana dalam buku cerita tersebut juga terdapat berupa gambar yang tentunya dapat menarik minat mereka untuk membacanya. Tujuan dari program ini pun dinyatakan tercapai, karena bertambahnya semangat klien untuk melakukan literasi membaca.

Referensi

Adi, I. R. (2015). Kesejahteraan Sosial (Pekerjaan Sosial,Pembangunan Sosial, dan Kajian Pembangunan). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dewi Indah Susanti, J. Y. (2022). PENERAPAN LITERASI BACA-TULIS DAN LITERASI NUMERASI DI KELAS BAWAH SEKOLAH DASAR. Jurnal Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, Vol.6 No.1.

Fahrudin, A. (2012). Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Febri Rosmawati, R. (2022). Potret Literasi Baca Tulis Sebagai Salah Satu Keterampilan SIswa Sekolah Dasar. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN PROFESI GURU, Volume 5 Nomor 3, 525-532.

Fitriya, I. (2022, Juli 5). Pengertian dan Tujuan Literasi Baca dan Tulis pada Gerakan Literasi di Kurikulum Merdeka. (M. Pauziah, Ed.) Retrieved from https://www.babad.id/edukasiana/pr-3643820116/pengertian-dan-tujuan-literasi-baca-dan-tulis-pada-gerakan-literasi-di-kurikulum-merdeka

Ramadhani Kurniawan, A. P. (2023, Maret). Manfaat Literasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Vol.2, No.1, 184-195.

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Volume 6 Nomor 1, 916-924.

Zul Hijjayati, M. M. (2022, September). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Volume 7, Nomor 3b, 1435-1443.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Debora Purba, C., & Hayati Harahap, R. . (2023). Meningkatkan Keterampilan Literasi Baca Tulis Pada Anak Melalui Pojok Baca di SD Negeri 060884. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(2), 544-549. https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i2.1098

Terbitan

Bagian

Artikel