Peningkatan Layanan Keuangan Sekolah dengan Aplikasi Cashless Payment (Studi Kasus SMK Pariwisata Telkom Bandung)
Kata Kunci:
Sekolah, Cashless Payment, Cashless School, Layanan KeuanganAbstrak
SMK Pariwisata Telkom Bandung adalah sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom dan sebagai mitra dalam program pengabdian masyarakat (Abdimas) ini. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah masih terbatasnya tingkat pengetahuan dan keterampilan sekolah dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang menyebabkan minimnya inovasi yang diimplementasikan di sekolah, khususnya dalam fungsi keuangan. Adapun solusi yang ditawarkan dalam program Abdimas ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan dalam hal digitalisasi layanan keuangan sekolah berbasis cashless payment untuk mendukung inovasi layanan keuangan sekolah. Hasil feedback peserta telah menunjukkan bahwa program Abdimas ini secara positif dapat memberikan edukasi literasi digital terkait teknologi keuangan terkini. Oleh karena itu, program Abdimas ini berkontribusi dalam menguatkan dan meningkatkan kemampuan pengelolaan layanan keuangan sekolah. Selain itu, kegiatan abdimas ini juga menghasilkan sebuah teknologi tepat guna berupa aplikasi keuangan sekolah berbasis cashless payment.
Referensi
Ahmad, R., & Dwianika, A. (2021). Analisa Penggunaan Perangkat Lunak dalam Mendukung Pembukuan Keuangan Sekolah. Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, Vol. 13.
Handayani, R., & Prasetyo, A. E. (2018). Implementasi Sistem Informasi Keuangan Pada Sekolah Swasta Di Kabupaten Lamongan Guna Mewujudkan Transparasi Dan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat. Community Development Journal, 2(2), 367–372.
Islam, F. A., & Dahlan, U. A. (2020). Tata kelola keuangan sekolah.
Wong, T. L., Lau, W. Y., & Yip, T. M. (2020). Cashless Payments and Economic Growth: Evidence from Selected OECD Countries. Journal of Central Banking Theory and Practice, 9, 189–2.