Pendidikan Politik Berbasis Digital bagi Pemuda Karang Taruna Melalui Pelatihan Pembuatan Konten Digital
Kata Kunci:
Pendidikan Politik, Pemuda, Konten DigitalAbstrak
Setiap Pemilihan Umum, warga Kota Medan menghadapi tantangan yang cukup berat dalam menggunakan hak pilihnya. Minimnya partisipasi dalam memilih oleh warga Kota Medan dapat dikaitkan dengan kurangnya kesadaran politik. Kegiatan pendidikan politik dan sosialisasi politik pasif menjadi faktor pendukung rendahnya tingkat partisipasi di Kota Medan. Dengan demikian, tujuan pengabdian ini untuk memberikan pemahaman tentang pendidikan politik berbasis digital melalui pelatihan pembuatan konten digital untuk organisasi kepemudaan. Metode Participatory Learning and Action melalui prosedur pembelajaran yang menggabungkan teknik ceramah, diskusi partisipatif hingga pembelajaran kelompok dilakukan dalam kegiatan ini. Kegiatan pengabdian yang dilakukan kepada Pemuda Karang Taruna Kecamatan Medan Johor antara lain: Pertama, pembelajaran tentang pendidikan politik. Kedua, meningkatkan kompetensi literasi digital dan pembuatan konten digital. Ketiga, pelatihan menjadi content creator. Hasil pengabdian merekomendasikan peserta kegiatan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam membuat konten digital. Diperlukan pengembangan dan pelatihan lebih lanjut agar terampil dalam mengasah kemampuan menghasilkan konten digital. Demi ilmu yang diimplementasikan dalam bentuk pendidikan politik berbasis digital, diperlukan pembinaan dan pendampingan yang berkesinambungan bagi Pemuda Karang Taruna Kecamatan Medan Johor.
Referensi
Cnbcindonesia.com. (2022). Data Terbaru! Berapa Pengguna Internet Indonesia 2022?. Cnbcindonesia.com. Retrived from https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220609153306-37-345740/data-terbaru-berapa-pengguna-internet-indonesia-2022
KPU Kota Medan. (2021). Dinamika Partisipasi Pemilih Di Kota Medan Analisis Dan Proyeksi. Retrieved from https://kpud-medankota.go.id/
Masril, M., & Lubis, F. W. (2020). Analisis Penggunaan Media Sosial dan Penyebaran Hoax Di Kota Medan. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 6(1), 11-22.
Nasution, F. A., Thamrin, M. H., Nasution, M. A., Adela, F. P., & Bahri, S. (2020). Importance Understanding Rights and Obligations Citizens in Election Head of Medan City District 2020. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 690-695.
Siringoringo, F. P. (2016). Lemahnya Upaya KPU Kota Medan Dalam Meminimalisir Rendahnya Partisipasi Politik Pada Pemilihan Walikota Medan Tahun 2015 (Doctoral dissertation, UNIMED).
Singgalen, Y. A. (2021). Pemilihan metode dan algoritma dalam analisis sentimen di media sosial: sistematic literature review. Journal of Information Systems and Informatics, 3(2), 278-302.
Sundawa, Y. A., & Trigartanti, W. (2018). Fenomena Content Creator di Era Digital. Prosiding Hubungan Masyarakat, 432-437.
Sutrisman, D. (2019). Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, dan Mahasiswa. Guepedia.
Syaifurrohman, S., & Nasution, F. A. (2021). Optimalisasi Pendidikan Politik melalui Literasi Digital bagi Penyandang Disabilitas dalam Industri 4.0 di Indonesia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 68-78.
Thomas, S. (2004). What is participatory learning and action (PLA): an introduction. Centre for International Development and Training (CIDT), London.