Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21

Penulis

  • Fitriyani Fitriyani Universitas Pelita Bangsa
  • Arief Teguh Nugroho Universitas Pelita Bangsa
https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1416

Kata Kunci:

Literasi Digital, Sosialisasi, Pembelajaran Abad 21.

Abstrak

Penulisan jurnal pengabdian pada masyarakat ini merupakan hasil dari kegiatan yang dilaksanakan untuk dapat memberikan sosialisasi pentingnya memahami literasi digital dalam menghadapi pembelajaran di era abad 21 ini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada Sekolah Dasar Negeri Mekar Mukti 02, Cikarang Utara. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kemampuan siswa melalui kegiatan literasi membaca maka untuk memupuk minat dan bakat dalam diri peserta didik sejak usia dini serta budaya literasi yang tertanam dalam diri peserta didik dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan dan kemampuan peserta didik untuk memahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif.

Referensi

M. Leaning, “An approach to digital literacy through the integration of media and information literacy,” Media and Communication, vol. 7, no. 2, pp. 4–13, 2019.

F. Fitriyani and S. Mukhlis, “Urgensi Penggunaan Digital Literasi Dalam Pelaksanaan Pendidikan Dimasa Pandemi: Systematic Literature Review,” Dikoda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, vol. 2, no. 01, pp. 13–20, 2021.

B. Kemendikbud, “Survai Internasional TIMSS,” Tersedia di http://Litbang. kemendikbud. go. id/diakses tanggal, vol. 10, 2010.

P. Gilster, Digital literacy. John Wiley & Sons, Inc., 1997.

H. A. Spires, C. M. Paul, and S. N. Kerkhoff, “Digital literacy for the 21st century,” in Advanced methodologies and technologies in library science, information management, and scholarly inquiry, IGI Global, 2019, pp. 12–21.

C. Maphosa and S. Bhebhe, “Digital literacy: A must for open distance and e-learning (ODEL) students,” European Journal of Education Studies, 2019.

G. Marci-Boehncke and T. Vogel, “Digital literacy and inclusion: The impact of theory and practice in teachers’ education,” INTED2018 Proceedings. Valencia: IATED Academy, pp. 6872–6879, 2018.

A. Fransori, E. Sulistijani, and F. Y. Parwis, “Penyuluhan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Anak Dan Literasi Digital Pada Ibu-Ibu Majelis Taklim Al-Hidayah Depok,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP), vol. 2, no. 01, 2019.

J. Gomez-Galan, “Media education as theoretical and practical paradigm for digital literacy: An interdisciplinary analysis,” arXiv preprint arXiv:1803.01677, 2018.

S. Purnama, M. Ulfah, I. Machali, A. Wibowo, and B. S. Narmaditya, “Does digital literacy influence students’ online risk? Evidence from Covid-19,” Heliyon, vol. 7, no. 6, p. e07406, 2021.

G. Falloon, “From digital literacy to digital competence: the teacher digital competency (TDC) framework,” Educational Technology Research and Development, vol. 68, no. 5, pp. 2449–2472, 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-15

Cara Mengutip

Fitriyani, F., & Teguh Nugroho, A. . (2022). Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 307-314. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1416

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama