Menemukan Dan Membentuk Cita-Cita Bersama Anak Panti Asuhan Nazar Indonesia

Penulis

  • Esica Dhea Oktaviani Rauna Sitompul Universitas Sumatera Utara
  • Agus Suriadi Universitas Sumatera Utara
https://doi.org/10.58466/literasi.v4i2.1538

Kata Kunci:

Cita-cita, group work, intervensi

Abstrak

Cita-cita adalah  keinginan, harapan, atau tujuan yang ingin dicapai dan dipikirkan oleh seseorang di masa depan.  Kegunaan di dalam hidup seseorang, yaitu seseorang memiliki sesuatu yang dia fokuskan dan usahakan sehingga membantu seseorang menjadi produktif, membantu seseorang untuk belajar tentang ketekunan dalam usaha menggapai cita-cita, membangun dan meningkatkan kepercayaan diri, dan membantu seseorang untuk fokus dan mengambil keputusan yang baik karena setiap keputusan berdampak dalam capaian cita-citanya. Penentuan cita-cita, orang tua mempunyai peran besar yaitu sebagai gambaran pertama anak, contoh, dan juga fungsi pola asuh. Permasalahan ditemukan oleh praktikan ketika anak-anak panti asuhan belum bisa menentukan cita-cita mereka. Praktik Kerja Lapangan ini menggunakan metode intervensi mezzo yaitu group work dalam penanganan masalah klien.  Intervensi adalah tindakan mengadakan perubahan pada individu, kelompok, dan komunitas yang mengalami gangguan keberfungsian. Tujuan dari adanya intervensi antara lain, yaitu memulihkan keberfungsian sosial klien, mengatasi dan mencegah timbulnya masalah, mencapai perbaikan sosial masyarakat, mendorong klien mengembangkan kemampuan memanfaatkan sumber daya lingkungan Penanganan masalah klien dilakukan secara bersama dengan menggunakan tahapan yang ada, yaitu engagement, intake, & contract, asesment, perencanaan, intervensi, evaluasi, dan terminasi. Dalam penerapannya disimpulkan bahwa klien dapat belajar dengan baik menggunakan bantuan media gambar dan dapat menentukan cita-cita mereka.

Referensi

Adi, Isbandi Rukminto. (2015). Kesejahteraan Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fahrudin, Adi. (2012). Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hardjomarsono, B., Hiariej, M., Hasugian, F., & Obed Wilar, B. (2014). Teori dan Metode Intervensi Sosial. Banten: PT. Universitas Terbuka.

Illyas Alhafizh Aldrian , A., Hidayah, N., Bella Kurniati, S., Amanda, M, Hidayatullah, S. (2020). POCITA: Mengenalkan Cita-Cita dan Lingkungan Sejak Dini. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(2), 181-186. Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM/article/view/13049.

Lubis, L. S., Warna, A. K. S., Wulan, A., Karimah, U., (2022). SOSIALISASI DAN EDUKASI : PENTINGNYA CITA-CITA PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 106, 1-8. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/14736.

Purba, G.C. & Sinaga, R. P. K. (2023). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Didalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak-Anak Panti. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(1), 9-13. Retrieved from https://jurnal.politap.ac.id/index.php/literasi/article/view/1322.

Siantayani, Yulianti. (2011). Memahami Cita-Cita Anak. Jakarta: Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-01

Cara Mengutip

Dhea Oktaviani Rauna Sitompul, E., & Suriadi, A. . (2024). Menemukan Dan Membentuk Cita-Cita Bersama Anak Panti Asuhan Nazar Indonesia . Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 4(2), 124-129. https://doi.org/10.58466/literasi.v4i2.1538

Terbitan

Bagian

Artikel