Strategi dalam Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Terhadap Pembullying di Rumah Pintar YAFSI

Penulis

  • Gatri Janiti Kosagi Br Ginting Universitas Sumatera Utara
  • Fajar Utama Ritonga Universitas Sumatera Utara
https://doi.org/10.58466/literasi.v4i2.1516

Kata Kunci:

Bullying, Percaya diri, Remaja

Abstrak

Kegiatan Pratikum atau bisa disebut praktik kerja lapangan ( PKL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib di laksanakan oleh para mahasiswa calon pekerja sosial di Program Studi Kesejahteraan Sosial FISIP USU. Kegiatan ini penting dikarenakan untuk meningkatkan keterampilan dan mengimplementasikan teori-teori yang sudah dipelajarin selama mengikuti mata kuliah yang sudah ditawarkan di Program Studi Kesejahteraan Sosial. Kegiatan Pratikum pertama dilaksanakan di Rumah Pintar YAFSI selama 2 bulan.

Bullying merupakan fenomena yang marak terjadi di kalangan remaja khususnya di lingkungan sekolah. Bullying yang diterima ini bisa secara fisik, verbal, dan relasional. Remaja yang mendapatkan perilaku bullying dari temannya dapat memengaruhi kepercayaan dirinya. Kepercayaan diri merupakan faktor psikologis penting yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan individu, termasuk kemampuan untuk menghadapi dan mengatasi situasi pembullyan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kepercayaan diri dan pengalaman pembullyan pada kalangan remaja. Pada zaman sekarang masih ada remaja atau generasi sekarang yang kurang memiliki percaya diri atau masi ragu dalam mengambil sebuah keputusan.

Referensi

Fajar, Agus, & Mia. (2022). Buku Panduan Praktik kerja Lapangan 1 & 2. Medan: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

Rina, sefti. (2018). HUBUNGAN BULLYING DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA REMAJA DI SMP NEGERI 10 MANADO.

Isbandi, A. (2019). Kesejahteraan Sosial ( Pekerjaan, Pembangunan Sosial dan Kajian Pembangunan). Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Yossi, Luhur, Yuline. (2020). STUDI TENTANG ANAK YANG KURANG PERCAYA DIRI PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 05 PONTIANAK.

Amoye Pekei. (2019). Pekerjaan Sosial dan Penanganan Masalah Sosial. Intrans Publishing.

Violin, Khilmi, Mochammad Agung. ( 2021). HUBUNGAN PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DENGAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA DI SMK SEPULUH NOVEMBER SIDOARJO

Rheina Aini Safaat. ( 2023). Tindakan Bullying di Lingkungan Sekolah yang Dilakukan Para Remaja.

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Junalia, E., & Malkis, Y. (2022). Edukasi Upaya Pencegahan Bullying Pada Remaja Di Sekolah Menengah Pertama Tirtayasa Jakarta.

Siti, liin Aini, Alwin. ( 2023). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Verbal Bullying Pada Remaja Pelaku Bullying Usia 16-17 Tahun.

Mohammad Thoha, Moh Anang. ( 2022). Analisis Kepercayaan Diri pada Korban Bullying

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-01

Cara Mengutip

Janiti Kosagi Br Ginting, G. ., & Utama Ritonga, F. . (2024). Strategi dalam Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Terhadap Pembullying di Rumah Pintar YAFSI. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 4(2), 159-165. https://doi.org/10.58466/literasi.v4i2.1516

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama