Meningkatkan Minat Belajar Matematika Dengan Metode Belajar Sambil Bermain
Kata Kunci:
Belajar sambil bermain, Belajar Matematika, BermainAbstrak
Pengalaman belajar yang positif berasal dari keterlibatan aktif dengan pelajaran dan interaksi yang lebih besar dalam kegiatan belajar. Bermain juga penting untuk perkembangan karena berkontribusi pada kesejahteraan kognitif, fisik, sosial, dan emosional pada anak. Maka dari itu metode belajar sambil bermain adalah salah satu metode pembelajaran yang baik serta dapat diterapkan pada pembelajaran matematika. Tujuan dari Praktik Kerja Lapangan ini adalah untuk memotivasi anak-anak dalam belajar khususnya pada mata pelajaran matematika. Penggunaan metode belajar sambil bermain seperti ini dapat meningkatkan minat belajar anak supaya tidak merasa bosan dan lebih menyenangkan saat mempelajari pelajaran matematika. Adapun intervensi yang digunakan dalam kegiatan praktikum ini adalah intervensi mezzo dengan menggunakan metode group work melalui tahapan secara umum atau general yang terdiri dari; Engagement Intake Contract, Assessment, Perencanaan, Intervensi, Evaluasi, dan diakhiri dengan Terminasi
Referensi
Fahrudin Adi, Isbandi. (2015). Kesejahteraan Sosial. Jakarta: PT Grafindo Persada
Mayeski, M. (2002). Creative activities for young children, 7th edition. United States: Delmar
Mirawati. (2014). Permainan matematika kreatif: Kreasi pembelajaran matematika bagi anak melalui aktivitas bermain. Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan Dasar SPs UPI 2014 (hlm. 672-678). Bandung: Rizki Press
Özdogan, E. (2011). Play, mathematic and mathematical play in early childhood education. Elsevier: Procedia Social and Behavioral Sciences, 15 (4). hlm. 3118–3120
Perry, B & Dockett, S. (2010). Playing with mathematics: Play in early childhood as a context for mathematical learning, what makes mathematics play?. Proceedings of the 33rd annual conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia. Fremantle: MERGA
Rukminto Adi, Isbandi. (2013). Kesejahteraan Sosial (Pekerjaan Sosial, Pembangunan Sosial, dan Kajian Pembangunan). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada