Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Remaja

Penulis

  • Santa Claudiya Novita Simanjuntak Universitas Sumatera Utara
  • Randa Putra Kasea Sinaga Universitas Sumatera Utara
https://doi.org/10.58466/literasi.v4i1.1344

Kata Kunci:

Percaya diri, Remaja, PKL 2

Abstrak

Kegiatan praktikum merupakan salah satu mata kuliah Wajib yang harus dilakukan para mahasiswa calon pekerja social di Program Studi Kesejahteraan Sosial FISIP USU. Praktek Kerja Lapangan 2 dilakukan secara penuh selama satu semester untuk 1 orang mahasiswa (full block placement).  Percaya diri adalah kemampuan dalam menyakinkan diri pada kemampuan yang kita miliki atau kemampuan untuk mengembangkan penilaian positif baik untuk diri sendiri ataupun lingkungan sekitar. Semua orang tentunya memiliki kemampuannya masing-masing namun tidak semua orang dapat menyadari hal tersebut atau beberapa orang bahkan tidak merasa percaya dengan kemampuannya.  Permasalahan tidak percaya diri akan menghambat perkembangannya dalam bersosialisasi, mengembangkan potensi yang ia miliki, mengenal dirinya sendiri, dan tugas perkembangan lainnya. Permasalahan tidak percaya diri ini diketahui merupakan akibat dari adanya pikiran-pikiran negatif yang berdampak pada perilaku remaja.  Seseorang yang dapat kepercayaan diri dari orang lain merasa dirinya dihargai, dihormati, merasa orang lain bertingkah secara bertanggung jawab. Setiap orang perlu memiliki rasa percaya diri dalam dirinya sehingga mereka mengerti bahwa setiap individu memiliki kompetensi yang berguna dan bermanfaat dalam kehidupannya. Selain itu, percaya diri juga harus dalam kadar yang pas tidak kurang dan tidak lebih. Perkembangan atas rasa kepercayaan diri memiliki perubahan sedikit dalam hal berhenti membandingkan dirinya dengan orang lain dan lebih membangun pola pikir yang lebih positif.

Referensi

Fahrudin, Adi. 2012. Pengantar Kesejahteraan Sosial. PT Refika Aditama, Bandung.

Rukminto Adi, Isbandi. 2015. Kesejahteraan Sosial. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Fajar, Agus, and Mia. Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan 1 dan 2 Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Outcome Base Education (OBE) Model Project-Based Learning (PBL). Kesejahteraan Sosial FISIP USU, 2022.

Riyanti Chika, Darwis Saprudin Rudi. 2020. MENINGKATKAN KEPERCYAAN DIRI PADA REMAJA DENGAN METODE COGNITIVE RESTRUCTURING. JPPM, FISIP UNPAD.

Iskandar, D. R., & Si, M. (2017) Intervensi dalam Pekerjaan Sosial. Makassar: Penerbit Ininnawa

A Sholilah Mufydatush. 2021. SOLUSI TERHADAP PROBLEM PERCAYA DIRI (SELF CONFIDANCE). Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Studi Islam. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler. Vol. 03 No. 02, 156-168.

Fitriyah Irdanisa Salema, 182020031 (2022) PERAN IBU ASUH DALAM PENGASUHAN ANAK DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK PUTRA UTAMA 3 CEGER JAKARTA TIMUR. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-01

Cara Mengutip

Claudiya Novita Simanjuntak, S. ., & Putra Kasea Sinaga, R. . (2024). Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Remaja. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 4(1), 31-36. https://doi.org/10.58466/literasi.v4i1.1344

Terbitan

Bagian

Artikel