Pelatihan Peningkat Minat Belajar Pada Anak Di Sekolah Dengan Metode Diskusi

Penulis

  • Nadila Tri Ramadani Universitas sumatera utara
  • Husni Thamrin Universitas sumatera utara
https://doi.org/10.58466/literasi.v3i1.1262

Kata Kunci:

metode diskusi, minat belajar, mini project

Abstrak

Di era maraknya game online dikalangan anak-anak di bawah umur yang dapat diakses melalui handphone secara bebas, dan menimbulkan minat belajar anak terus menurun dari waktu ke waktu. Selain dikarenakan game online yang semakin menjamur dikalangan anak-anak, menurunnya minat belajar anak juga dikarenakan menurunnya metode belajar yang digunakan juga membosankan. hal ini juga sangat terlihat diantara anak-anak yang tinggal diperdesaan dikarenakan kurang updatenya orang tua maupun sistem pendidikan yang ada diperdesaan, yang masih bersifat monoton. Hal ini akan menjadi masalah yang sangat serius jika terus berlanjut. Hal ini juga terjadi pada beberapa anak di desa sialang. oleh karena ini proses pemberi bantuan pun dilakukan melalui praktek kerja lapangan atau PKL II mahasiswa ilmu kesejahteraan sosial fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Universitas sumatera utara dengan menerapkan metode diskusi dalam belajar. metode ini memiliki tujuan untuk meningkatkan minat belajar anak dan melatih anak untuk saling bertukar pikiran dan proses belajar maupun kegiatan sehari-hari. selain itu juga dilakukan mini project pada pratikum kali ini yaitu dengan membuat intervensi yaitu khusus nya intervensi yang bertujuan untuk membantu beberapa anak di desa sialan dalam menyelesaikan masalah yang ia alami.

Referensi

Fahrudin, Adi. 2012. Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Rukminto adi, isbandi. 2018. Kesejahteraan sosial (pekerja sosial, pembangunan sosial, dan kajian pembangunan). Jakarta: Rajawani pers.

Safitri, M., Gunatama, G., Hum, M., & Darmayanti, I. A. M. (2014). Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil Oleh Guru Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Laboratorium Undiksha. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1).

Samani, M. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Utama Ritonga, Fajar. Agus Suriadi. Dan Mia Aulina Lubis. 2022. Buku panduan praktik kerja lapangan 1 dan 2

Wahidmurni, A. M., dan Ridho, A. 2010. Pembelajaran Kompetensi danPraktik. Nuha Letera, Yogyakarta.

Yamin, Martinis.2013. Strategi dan Metode dalam Model Inovasi Pembelajaran .Jakarta : Gaung Persada Press group.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-01

Cara Mengutip

Tri Ramadani, N., & Thamrin, H. . (2023). Pelatihan Peningkat Minat Belajar Pada Anak Di Sekolah Dengan Metode Diskusi . Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(1), 285-290. https://doi.org/10.58466/literasi.v3i1.1262

Terbitan

Bagian

Artikel