Saluran Pemasaran Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Di Desa Kartika Bhakti

Kata Kunci:
Kelapa Sawit Saluran Pemasaran TBS, Margin, Farmer’s ShareAbstrak
Saluran pemasaran kelapa sawit Tandan Buah Segar (TBS) di Desa Kartika Bhakti terdapat saluran pemasaran yaitu ( Petani – Pedagang pengumpul – Perusahaan PKS ), yang mempengaruhi petani saat menjual Tandan Buah Segar (TBS) kepada pedagang pengepul karena jarak lokasi penjualan antara kebun kelapa sawit tidak jauh dari tempat penjualan, pembelian TBS kelapa sawit yang tidak disortir, adanya ikatan pinjaman dan sudah berlangganan. Jadi pedagang pengepul memainkan peran kunci sebagai penghubung antara petani dan PKS, namun juga dapat menjadi sumber ketergantungan ekonomi bagi petani kecil. Marjin pemasaran Rp.964/kg menunjukkan adanya biaya dan keuntungan yang diambil oleh pelaku pemasaran dalam rantai distribusi kelapa sawit. Sementara itu, farmer share 67% mengindikasikan bahwa petani menerima sebagian besar dari harga jual akhir.
Referensi
Abubakar (2018) Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Hardani (2020) Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group.
Khotler, K. (2009) Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Khotler, P. dkk (2012) Marketing Manajement 14E. Ney Jersy: Pearson Education Inc.
Kohls, R.. dkk (2002) Marketing of Agricultural Products. New York: MacMillan Publishing Company.
Ratya, Anindita, dkk (2016) Pemasaran Produk Pertanian. Yogyakarta: Andi Offset.
Sastrosayono (2004) Budidaya Kelapa Sawit. Depok: Agro Media Pustaka.
Statistik, B. (2024) Kabupaten Seruyan Dalam Angka 2024, BPS. Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah.
Sudiyono (2002) Pemasaran Pertanian. Malang: UMM Press.
Sugiyono (2013) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan KUantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2018) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto (2015) Penelitian Sumber Daya Manusia. Jakarta: Buku Seru.