EFEKTIVITAS STRATEGI THINK - TALK - WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA MATERI RECOUNT TEXT DI SMP DARUDDA'WAH

Penulis

  • Putri Aufi Dalida Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Alvina Yolanda Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Dewi Ismu Purwaningsih Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
https://doi.org/10.58466/adidaya.v1i3.1630

Kata Kunci:

menulis, teks cerita ulang, strategi TTW

Abstrak

Salah satu keterampilan bahasa Inggris yang penting untuk dikuasai siswa adalah menulis, yang membantu mereka mengekspresikan ide-ide mereka dalam bentuk tulisan. Namun, banyak siswa yang menganggap menulis kurang menarik karena melibatkan beberapa langkah dan aturan. Menggunakan strategi yang efektif dapat meningkatkan keterampilan ini. Strategi TTW (Think-Talk-Write) dirancang untuk memotivasi siswa dan membantu mereka mengembangkan ide-ide mereka dalam menulis teks recount. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah strategi TTW meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam teks recount. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Data dikumpulkan melalui tes, rubrik, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi TTW meningkatkan kemampuan menulis siswa. Dalam penelitian tersebut, 17 siswa dari kelas VIII diberikan pre-test, menerima perlakuan TTW, dan kemudian mengikuti post-test. Hasil tes yang dianalisis menggunakan Paired Sample T-test pada SPSS 23.0 menunjukkan skor rata-rata pre-test sebesar 44,41 (SD = 14,349) dan skor rata-rata post-test sebesar 70,00 (SD = 13,229). Skor post-test yang lebih tinggi menunjukkan bahwa strategi TTW secara signifikan meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam teks recount. Strategi Think-Talk-Write efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount. Strategi ini mendorong siswa untuk menulis lebih banyak dan membantu mengembangkan kreativitas mereka melalui berpikir, berbicara, dan menulis.

Referensi

Anderson, M. a. & Kathy , A (1997). Text Types in English. Macmilan Education. Boardman, C. A. (2001). Writing to Communicate. London: Pearson Education.

Browne, Ann.(1995) Teaching and Learning Communication, Language and Literacy, (London: Paul Chapman Publishing

Brown H Douglas . (1987). Principles of Language Learning and Teaching. Fifth Edition New York: Person Education

Brown H Douglas . (1987). Principles of Language Learning and Teaching. Fifth Edition New York: Person Education

Barwick, J. (1999). Targeting Text. Clayton, South Vic: Blake Education

Creswell, J. (2003). Research design: Qualitative, quantitative and mixed methods approach (2nd ed.)

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). Boylston Street, Boston: Pearson Education Boston

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-01

Cara Mengutip

Aufi Dalida, P. ., Yolanda, A. ., & Ismu Purwaningsih, D. . (2024). EFEKTIVITAS STRATEGI THINK - TALK - WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA MATERI RECOUNT TEXT DI SMP DARUDDA’WAH. ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(3), 40-43. https://doi.org/10.58466/adidaya.v1i3.1630

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama